Empat Mahasiswa UTS Bergabung di Ekspedisi Nusantara Jaya 2017

oleh -7 views
Dua dari empat mahasiswa UTS peserta ENJ 2017
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (23/08/2017)

Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017 merupakan program Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI yang bergerak dalam bidang sosial atau pengabdian kepada masyarakat sebagai sarana untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Dalam kegiatan ini, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI selaku panitia penyelenggara melibatkan 2.000 pemuda dari seluruh penjuru Nusantara yang akan diberi mandat untuk melakukan pengabdian ke pulau yang termasuk 3T.

amdal

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan potensi budaya dan pariwisata Indonesia, menggali potensi pribadi, melatih kepemimpinan, melatih kepedulian sosial, peningkatan bela negara, dan peningkatan kecintaan terhadap NKRI. Kegiatan ENJ ini didukung oleh berbagai pihak, di antaranya Kementerian Kelautan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, Kementerian Ristekdikti, Kementerian Pariwisata, dan lainnya.

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini harus melewati serangkaian proses seleksi yang cukup ketat. Dari ratusan peserta yang lolos seleksi dari seluruh Indonesia ini, terdapat empat mahasiswa dari Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Adalah Imam Wierawansyah Eltara (Teknik Metalurgi) jalur NTB, Rizki Septian Anwar (Teknologi Pertanian) jalur NTB, Asmaul Husnah (Teknik Metalurgi) jalur Sulawesi Selatan dan Sahmad (Teknik Mesin) jalur Bali. Dalam pelaksanaan pengabdian, para pemuda dibagi menjadi beberapa rute pengabdian sesuai yang dipilih ketika mengajukan diri sebagai peserta ENJ, termasuk rute NTB. Peserta yang tergabung dalam ENJ rute NTB berjumlah 145 orang, dibagi menjadi 3 tim. Tempat pengabdian yang disepakati oleh peserta ENJ NTB antara lain, Tim 1 di Pulau Sailus Besar, Tim 2 di Pulau Sailus Kecil, dan Tim 3 di Bima. Kegiatan ENJ tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 19-28 September 2017 menggunakan kapal perintis ENTEBE EXPRESS. Kegiatannya terfokus pada bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi Kreatif, dan Lingkungan. Dengan program pembentukan karakter untuk anak-anak, pembentukan TPQ, perawatan karang, cek kesehatan gratis, dan sebagainya. “Kami tim ENJ NTB 2017, mengajak masyarakat yang berada di NTB maupun di seluruh penjuru Nusantara untuk memberikan donasi terbaik kepada saudara-saudara kita yang berada di pulau-pulau terpencil melalui program Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 rute NTB,” Imam Wierawansyah Eltara, salah satu mahasiswa UTS peserta ENJ NTB.

Baca Juga  Pemda Sumbawa Optimis Capai Target Pertumbuhan Ekonomi

Donasi yang bisa diberikan sebutnya, berupa pakaian layak pakai, sembako, obat-obatan, perlengkapan sekolah, bibit pohon mangrove/cemara, buku bacaan, dan perlengkapan shalat. Untuk pengiriman donasi, bisa langsung menghubungi 082340655997 (Wahyu). (*)

 

iklan bapenda