Gelar Leadership Training, FKPS Undang Pelajar NTB, Bali dan Jatim

oleh -7 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (21/08/2017)

Forum Komunikasi Pemuda Samawa (FKPS) adalah sebuah organisasi para pemuda Sumbawa. Anggotanya terdiri dari para pelajar dari berbagai SMA sederajat, mahasiswa, maupun para pemuda yang sudah bekerja. Mereka melakukan sejumlah kegiatan positif. Salah satunya, menggelar Leadership Training atau pelatihan kepemimpinan bagi pelajar SMA sederajat. Kegiatan ini dilaksanakan sejak pertamakali terbentuk tahun 2007 lalu. Tidak tanggung-tanggung, mereka mengundang para pelajar dari Jawa Timur, Bali dan NTB.

Ketua Umum FKPS, I Wayan Ardhyana Yudiana mengatakan, untuk tahun ini kegiatan itu akan dilaksanakan pada 24 hingga 27 Agustus mendatang. ‘’Temanya adalah “Don’t Stop to Dream. Don’t Stop to Try. Don’t Stop to Do More”. Jangan Berhenti Bermimpi. Jangan Berhenti Mencoba. Jangan berhenti Melakukan Lagi,’’ kata Wayan yang juga anggota Polisi ini.

Ketua Panitia pelaksana Muhammad Jamal menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan berawal dari keresahan atas kondisi yang terjadi di Kabupaten Sumbawa. Sempat terjadi aksi kerusuhan yang dipicu isu SARA. Padahal masyarakat Sumbawa dikenal sangat egaliter dan terbuka. ‘’Ini dibuktikan dalam lawas ‘mana tau barang kayu, lamin to si sanyaman ate, nan si sanak parana’. Yang artinya, meskipun orang asing, namun jika bisa menyenangkan hati, maka dialah saudara kita. Jadi masyarakat Sumbawa sangat menerima pendatang dari luar. Asalkan mereka juga menjunjung tinggi adat dan budaya Tau Samawa,’’ kata Jamal, siswa kelas XII SMAN 3 Sumbawa ini.

Baca Juga  Diduga Menipu, Seorang Janda Diringkus Polisi

Untuk itulah, kegiatan ini diadakan sebagai salah satu cara para pelajar mempersiapkan diri menerima tantangan di masa yang akan datang. Selain itu, kegiatan ini bisa meningkatkan pengetahuan dan mental para pelajar menghadapi tantangan di masa depan. ‘’Diharapkan juga bisa memupuk persamaan nilai, sikap hidup dan perilaku sehingga tercipta persatuan dan kesatuan bangsa,’’ ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Panitia Iqbal Yandra Suandaru mengatakan, untuk membiayai kegiatan ini, anggota FKPS bergerak mencari bantuan dari pintu-ke pintu. Mereka menemui para pejabat daerah secara pribadi, para pengusaha, hingga mereka berjualan gorengan, bahkan mengamen di jalan. ‘’Hari ini (kemarin) kami membuat kue, pelecing, dan es untuk dijual. Mungkin tidak banyak yang kami dapatkan. Tapi tujuan utamanya adalah kami menempa mental kami bagaimana mencari uang,’’ kata Iqbal yang juga siswa SMAN 3.

Pantauan SAMAWAREA, para anggota Panitia kemarin sore mengenakan pakaian adat Sumbawa menjajakan dagangan mereka di Jalan Garuda, tepatnya depan SMAN 1 Sumbawa. Selanjutnya, mereka bergerak masuk ke Taman Mangga menjajakan kepada pengunjung taman. Malam hari, dagangan mereka ludes. ‘’Alhamdulillah dagangan kami ludes,’’ kata Nisrina siswa kelas XI SMAN 2 Sumbawa dan Zuhro siswi kelas XII SMAN 1 Sumbawa, mewakili teman lainnya. (JEN/SR)

iklan bapenda