Pimpinan DPRD Salut PUPINKA Mampu Rajut Kebersamaan

oleh -3 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (19/08/2017)

Pimpinan DPRD Kabupaten Sumbawa, Kamaluddin ST M.Si memberikan apresiasi atas inisiasi kalangan muda yang tergabung dalam Pustaka Pinggir Kali (Pupinka) mampu merajut kebersamaan masyarakat khususnya di RW 03 Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa melalui berbagai lomba. Untuk diketahui Pupinka menggelar berbagai perlombaan dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-72. Lomba ini diikuti anak-anak hingga orang dewasa baik laki-laki maupun perempuan. Di antaranya lomba tarik tambang, lari kelereng, balap karung, baca puisi, drama dan teater. Selain itu, lomba pukul bantal (pukul tetangga). Dalam lomba ini, dua orang peserta sambil memegang bantal guling duduk di atas bambu panjang dengan posisi melintang di atas sungai. Keduanya saling pukul, yang jatuh dinyatakan kalah. Perlombaan ini cukup kocak dan semarak. Masing-masing peserta memiliki supporter dengan suara riuh rendah memberikan semangat, namun tetap dalam bingkai persaudaraan. Di samping itu para penonton bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan harga murah. Sebab Pupinka bekerjasama dengan Unilever menggelar Bazar menjual beragam jenis produk seperti minuman, minyak, sabun, pasta gigi dan lainnya. “Pelaksanaan kompetisi seperti ini jangan dilihat dari kalah dan menang, besar dan kecilnya hadiah. Tapi lebih pada semangat, kebersamaan dan silaturrahim. Di sinilah kita berbahagia, bersahabat dan bersaudara,” ucap Kamal—panggilan politisi PPP yang dikenal santun ini.

Menurut Kamal, ini adalah kegiatan positif. Tentunya pemerintah daerah wajib memberikan dukungan. Karenanya ke depan kegiatan seperti ini harus dilaksanakan lebih besar lagi tidak hanya lingkup RW 03 tapi RW-RW lain juga bisa dilibatkan. “Insyaa Allah kami siap memberikan dukungan,” ucapnya.

Baca Juga  Sukseskan World Clean-up Day, Puluhan Relawan Bersih-bersih Pantai

Di bagian lain Kamal mengaku salut dengan ide pendirian Pupinka. Meski dari tempat sederhana dan penuh keterbatasan namun berdampak besar bagi perubahan pola pikir masyarakat sekitar ke arah yang positif. Pupinka mengawalinya dengan membuat Taman Bacaan. Selain menjadi pusat belajar anak-anak kurang mampu agar bisa melek aksara dan baca Al-Qur’an juga sebagai upaya untuk mencegah generasi muda di lingkungan setempat dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya yang sudah merambah di semua lini kehidupan. Keberadaan Pupinka ini juga secara tidak langsung merubah pola hidup masyarakat. Kebiasaan membuang sampah di sungai sudah berkurang. Sungai terlihat bersih dan tertata. “Kita hidup dari sungai ini, mari kita jaga kebersihannya dan tidak dicemari dengan sampah-sampah yang dibuang secara sembarangan,” himbau Kamal, sembari memberikan bantuan untuk mensupport kegiatan Pupinka. (JEN/SR)

iklan bapenda