Unik, PUPINKA Gelar Lomba dan Bazar di Dalam Sungai

oleh -12 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (19/08/2017)

Kreatif dan inovatif. Itulah yang dilakukan para remaja yang tergabung dalam Pustaka Pinggir Kali (Pupinka) RW 03 Kelurahan Bugis, Kabupaten Sumbawa. Dalam menyemarakkan peringatan HUT RI ke-72 ini, Pupinka menginisiasi berbagai lomba. Sesuai dengan namanya Pustaka Pinggir Kali (Pupinka), semua kegiatan dipusatkan di dalam dan bantaran sungai (Karang Bage) tepatnya Komplek Taman Baca Pupinka. Mulai dari balap karung, lari kelereng, pukul bantal di atas sungai, lomba baca puisi, drama dan teater, serta lomba lainnya sesuai standar 17 Agustus-an. Pesertanya tidak hanya anak-anak tapi juga orang dewasa. Tak mengherankan jika lomba itu berlangsung kocak dan semarak. Menariknya lagi, kegiatan bertajuk “Ajang Silaturrahmi, Besemaras dan Beserame” ini menggelar Bazaar di dalam sungai. Khusus Bazaar, Pupinka bekerjasama dengan PT Unilever. Semua barang yang dijual berproduk Unilever dengan harga yang sangat terjangkau. Tidak heran jika Bazaar ini diserbu ratusan pengunjung membuat panitia kewalahan dalam melayani.

amdal
Lomba Baca Puisi

 

Panitia Penyelenggara, Yadi didampingi Heru Kalbuadi kepada SAMAWAREA, Sabtu (19/8) mengatakan, beragam kegiatan ini dilaksanakan sejak 18 hingga 20 Agustus besok. Sejak didirikan pada 21 April 2017 lalu, Pupinka rutin menggelar kegiatan serupa terutama di setiap momen hari-hari besar termasuk Bulan Ramadhan kemarin dengan lomba bernuansa religi. Untuk HUT RI ke-72 ini, Pupinka ingin menjalin dan mempererat silaturrahim, melakukan kegiatan yang mengasyikkan (besemaras), serta ramai dan semarak (beserame). Hal tersebut untuk membangkitkan semangat dalam mengenang jasa para pejuang kebangsaan yang telah berkorban jiwa, raga dan harta benda merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Karena itu tugas generasi sekarang adalah mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bernilai positif. Selain itu Pupinka yang masih seumur jagung ini, ingin terus berkreasi memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Mengawali dengan mendirikan taman bacaan dalam rangka menarik minat baca anak-anak, juga sebagai wadah untuk mengakomodir anak-anak putus sekolah, buta aksara dan buta baca Al-Qur’an, serta korban narkoba, komix dan tramadol. Semua itu dilakukan Pupinka secara sukarela tanpa pamrih. Semua yang tergabung dalam Pupinka adalah remaja dan para pemuda dari berbagai latar belakang disiplin ilmu. Mereka terpanggil untuk merubah pola pikir dan karakter masyarakat dan lingkungan setempat yang selama ini bercitra negative. “Alhamdulillah, sedikit demi sedikit, secara bertahap sudah ada perubahan,” ucap Yadi.

Baca Juga  Muhammadiyah Labuhan Badas Khitan 53 Anak

Dalam kesempatan itu, Yadi menyampaikan terima kasih kepada para sponsor kegiatan HUT RI ini di antaranya Klinik Surya Medika PKU Muhammadiyah Sumbawa, Unilever, Rasesa FM, dan secara khusus Kamaluddin ST M.Si—pimpinan DPRD Sumbawa yang siap menjadi salah satu penasehat Pupinka. (JEN/SR)

 

iklan bapenda