Hari Ini, Pejabat Sementara Kades Poto Resmi Bekerja

oleh -1 views
Pincun Nurhinsyah S.IP, Sekdis PMD Sumbawa
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (18/08/2017)

Menyusul SK Bupati Sumbawa tentang Pemberhentian Hamzah sebagai Kades Poto Kecamatan Moyo Hilir, juga diterbitkan SK pengangkatan pejabat sementara yakni M Rasyid Staf Bagian Umum dan Kepegawaian Kantor Camat setempat. Hal ini dilakukan agar roda pemerintahan di desa setempat tetap berjalan. SK Pemberhentian Hamzah ini ditandatangani Bupati Sumbawa 16 Agustus kemarin. Artinya pejabat sementara ini resmi masuk kantor untuk melaksanakan tugas sebagai Kades Poto, Jumat (18/8) pagi tadi. “Pejabat baru yang merupakan PNS pihak kecamatan sudah resmi menjabat hari ini. Dan hari ini juga dia sudah bekerja,” kata  Sekretaris Dinas PMD, Pincun Nurhinsyah S.IP yang dikonfirmasi siang tadi.

amdal

Penunjukan pejabat sementara ini dilakukan ungkap Pincun—sapaan akrabnya, agar tidak ada kekosongan pemimpin di desa tersebut, di samping menjaga kelangsungan roda pemerintahan. Tanpa kepala desa akan berimbas pada kinerja maupun serapan anggaran di desa. Apalagi keberadaan pejabat baru ini dapat mengawal APBDes.

Untuk diketahui ungkap Pincun, SK pemberhentian Hamzah sebagai Kades Poto sudah ditandatangani Bupati Sumbawa pada 16 Agustus lalu dan sudah diserahkan kepada Camat Moyo Hilir. Sebaliknya pihaknya juga sudah menerima surat untuk pengganti Kades Poto. “Surat pengganti ini sudah dikirim Camat ke Bupati tembusan Kepala Dinas PMD yang kemudian SK penunjukan pejabat sementara kepala desa langsung diproses,” ujar Pincun.

Baca Juga  Evaluasi Pemprov Terhadap APBD Sumbawa 2020 Telah Disempurnakan

Pemecatan Hamzah sebagai Kades Poto sudah prosedural mulai dari usulan BPD, hasil pemeriksaan Inspektorat dan surat rekomendasi dari Inspektorat ke Bupati, kemudian penerbitan SK. Pemecatan ini membenarkan dugaan yang terjadi. Dugaan itulah yang diterima PMD di samping desakan masyarakat menjadi pertimbangan lain dalam pengambilan keputusan pemberhentian ini. (JEN/SR)

 

iklan bapenda