SK Pemecatan Kades Poto Belum Ditandatangani Bupati

oleh -3 views
Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (17/08/2017)

SK Pemecatan Kepala Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir, Hamzah, sudah ada di meja Bupati Sumbawa. Namun sejauh ini SK tersebut belum ditandatangani, meski hasil pemeriksaan Inspektorat sudah diterima. Hal ini diungkapkan Bupati HM Husni Djibril B.Sc saat dikonfirmasi usai upacara HUT RI ke-72, Kamis (17/8).

amdal

Untuk memberhentikan seorang kades harus procedural. Karenanya ketika mendapat laporan kasus perselingkuhan oknum Kades Poto, Bupati langsung memerintahkan tim termasuk Inspektorat turun ke lapangan. Hasil pemeriksaan Inspektorat sangat miris, memalukan sekaligus menyedihkan. Perbuatan oknum kades itu sangat tidak pantas. Ketika moral seorang pemimpin rusak maka semuanya menjadi kacau. “Masalah moral ini sangat berat. Ketika moralnya rusak, maka tidak ada alasan seorang pemimpin itu dipertahankan,” tukas Bupati.

Kendati SK pemecatan belum ditandatangani, namun Bupati mengaku pemberhentian Kades itu sudah mengarah. Selain surat BPD tentang pemberhentian kepala desa, juga ada penolakan dari masyarakat untuk mempertahankan kadesnya. Masyarakat Poto menginginkan kadesnya diberhentikan. “Memberhentikan seseorang kepala desa harus atas permintaan dan keputusan Ketua BPD. Itu sudah kita pegang. Pendekatan kedua yaitu kerawanan di tingkat masyarakat. Dua alasan ini menjadi pertimbangan kami dalam mengambil keputusan,” pungkasnya. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Nasruddin Ketua PWI NTB, Jamhur Koordinator Pulau Sumbawa