Do’a Kebangsaan di KSB Terpanjat untuk NKRI

oleh -8 views
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN PEMDA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (17/08/2017)

Masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat menggelar Do’a Kebangsaan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Doa yang dilaksanakan di Masjid Agung Darussalam usai Sholat Ashar berjamaah, Kamis (17/8) ini mengangkat tema “Melalui Do’a Kebangsaan Kita Kuatkan Persatuan dan Kesatuan, NKRI Harga Mati”. Do’a Kebangsaan ini diikuti Bupati, Wakil Bupati, unsur Forkopimda KSB, para pejabat, TNI, Polri,  dan para pelajar. Do’a tersebut diawali dengan Khataman (menamatkan) Al Qur’an.

Dandim 1607 Sumbawa, Letkol ARM. Sumanto, S.Sos saat membaca sambutan Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantiyo, menyatakan, kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan para pahlawan bangsa yang telah meneteskan darah dan airmata serta mengorbankan jiwa, raga dan harta benda. Karenanya sebagai generasi penerus perjuangan sepatutnya mengisi kemerdekaan dalam balutan persatuan dan kesatuan. Kemerdekaan Indonesia merupakan rahmat Allah SWT serta dorongan luhur Bangsa Indonesia. Hal ini termaktub dalam Pembukaan UUD 1945.

Sementara Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, MM mengatakan, do’a kebangsaan ini baru pertamakali digelar dalam memperingati HUT RI. Do’a ini penting, karena Bangsa Indonesia tengah dilanda krisis dan terkikisnya rasa cinta tanah air. Do’a ini untuk mengingatkan kembali konsensus kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk dihayati, dipahami dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Empat pilar kebangsaan dan bernegara itu adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. ‘’Empat pilar ini harus kita jaga dan amalkan untuk menjaga persatuan dalam perbedaan yang tetap selalu ada,” kata Bupati.

Baca Juga  12 Orang Sembuh dari Covid, Paling Banyak Kota Mataram

Selain itu do’a bersama harus dijadikan sebagai moment untuk menyatukan dan merajut perbedaan, menghidupkan rasa toleransi, kebersamaan dan tolong menolong. Terlebih tema HUT RI ke-72 ini adalah Indonesia Kerja Bersama. Tema ini sejalan dengan semangat pembangunan di KSB yakni gotong royong. ‘’Mudah-mudahan kita terus menjaga perbedaan. Kita bersama, semua berperan aktif dalam membangun daerah dan negara,” pungkasnya. (HEN/SR)

 

iklan bapenda