Desa Kaki Bukit Gelar Upacara HUT RI Ala Istana Negara

oleh -1 views
bankntb

SUMBAWA BARAT, SR (17/08/2017)

Sebuah desa di kaki bukit wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, mendadak berubah menjadi miniatur ibukota Jakarta. Sebab masyarakat desa setempat melaksanakan Upacara Bendera HUT RI ke-72 layaknya di Istana Negara. Adalah Desa Seloto, Kecamatan Taliwang. Warga di kaki bukit itu mendesain panggung dengan dekorasi khusus dilengkapi gambar Burung Garuda dan dilengkapi taman, layaknya panggung yang digunakan untuk upacara di Istana Negara. Pelaksaanaan upacara yang diikuti oleh masyarakat, pelajar SD, SMU dan santri pesantren di desa ini, juga dilengkapi dengan pasukan pengibar bendera pusaka atau paskibraka desa.

Para peserta upacara, khususnya kaum ibu menggunakan jilbab dan pakaian adat suku Sumbawa Barat, peserta anak-anak seperti pejuang. Sementara beberapa tamu undangan yang juga diperankan oleh warga, berdandan sedemikian rupa sehingga menyerupai para duta besar negara sahabat. Sama persis dengan tamu upacara di Istana Negara. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah kepala desa, sementara untuk komandan upacara dilaksanakan oleh Babinsa Seloto.

Lukmanul hakim, Kepala Desa Seloto, mengatakan, kegiatan Upacara Bendera HUT RI rutin dilakukan oleh masyarakat setiap tahun. Namun tahun ini, pelaksanaan upacara digelar lebih unik, yakni menyerupai upacara HUT RI di Istana Negara dimana warga sebagai peserta upacara berperan sebagai tamu kehormatan dan duta besar. Semua itu dilakukan hanya satu tujuan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan menumbuhkan rasa cinta tanah air sejak dini terutama kepada anak-anak. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Wujudkan Sumbawa Bersinar, Talif Sudir Fokus Majukan Tiga Sektor