Sambut Rally Yacht Sail Indonesia 2017, Inilah Persiapan Sumbawa

oleh -6 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (16/08/2017)

Sail Indonesia adalah event internasional yang digelar sebagai manifestasi besarnya potensi Indonesia sebagai negara maritim. Pada tahun 2017 ini Sail Indonesia yang bertajuk “Sail Sabang 2017” akan memulai pelayaran panjang dari Darwin Australia ke Sabang NAD pada Agustus ini. Kabupaten Sumbawa terpilih menjadi salah satu spot rally rute pelayaran dimaksud. Tepatnya tanggal 28 sampai 31 Agustus 2017, puluhan yacht mancanegara akan singgah dan menikmati keindahan maritim maupun wisata Kota Sumbawa Besar. Menjelang event internasional tersebut, bertempat di Ruang Kerja Sekda Sumbawa, Selasa (15/8) kemarin, Sekda Drs. H. Rasyidi selaku Ketua Penyelenggara Sumbawa Heritage Tour Sail Indonesia 2017 memimpin rapat persiapan. “Moment ini sangat penting bagi Kabupaten Sumbawa, mengingat kehadiran rally yacht Sail Indonesia 2017 akan banyak membawa manfaat bagi promosi potensi daerah maupun pengembangan investasi dan pariwisata Sumbawa,” ujar Haji Rasyidi mengawali sambutannya.

amdal

Sekda menekankan agar seluruh komponen bahu-membahu dan bergotong-royong mempersiapkan penyambutan dan agenda kegiatan sebaik mungkin sehingga para wisman peserta rally yacht akan merasa terkesan positif di Kabupaten Sumbawa. Kebersihan lokasi Dermaga Pantai Goa dan sebagainya sebagai pusat kegiatan, haruslah diperhatikan serius oleh seluruh ASN dan masyarakat di sekitarnya. Demikian pula di lokasi kegiatan lainnya di Moyo Utara dan Moyo Hulu yang akan menggelar kegiatan budaya yang akan dikunjungi oleh para wisman tersebut. Persiapan-persiapan lainnya, yang menyangkut property, penyiapan masyarakat, personel pendamping, sarana transportasi, keamanan laut dan sebagainya agar dilakukan secara terkoordinasi. “Dengan keseriusan dan kesiapan kita bersama, kedepan Kabupaten Sumbawa akan tetap disinggahi dan menjadi tujuan perjalanan wisatawan mancanegara serta Kabupaten Sumbawa akan ditunjuk sebagai pusat penyelenggaraan Sail Indonesia 2018,” ujar Sekda.

Baca Juga  Kantor Bupati Sumbawa Dikepung Massa

Sebelumnya Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Junaidi, M.Si melaporkan bahwa rapat ini adalah dalam rangka persiapan menyambut kedatangan para perally yacht dunia pada event Sail Indonesia 2017. Kabupaten Sumbawa dipandang memiliki potensi kemaritiman dan potensi lainnya yang menjanjikan untuk dikembangkan, sehingga ditunjuk sebagai salah satu spot rally yacht mancanegara.

Beberapa event telah disiapkan antara lain, heritage tour ke Museum, Bala Kuning, Istana Dalam Loka, menyaksikan opening seremony Festival Moyo Utara, launching Saka Buffalo Race Series Championship 2017, tour desa wisata Batu Alang, wisata kuliner Pantai Goa, dan Ekspo Ekonomi Kreatif, santap malam di pelataran Istana Dalam Loka, serta marine tour yang meliputi Gerakan Penyelamatan Terumbu Karang di Ai Lemak, diving, snorkling di sekitar Pulau Moyo dan Teluk Saleh.

Rapat persiapan dihadiri oleh seluruh Panitia Penyelenggara, Administrasi Pelabuhan Badas, Kepala Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, dan KSDA. Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa akan menyiapkan venue Media Center di Dermaga Pantai Goa untuk menghimpun seluruh pelayanan dan informasi bagi wisatawan asing peserta rally yacht Sail Indonesia 2017 di Kabupaten Sumbawa. (JEN/SR)

iklan bapenda