Diteror Jelang HUT RI, Sumbawa Tetap Aman

oleh -1 views
Kapolres Sumbawa, AKBP Yusuf Sutejo SIK MT
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (16/08/2017)

Benda menyerupai bom yang diletakkan orang tak dikenal di gerbang selatan Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (16/8) dinihari, merupakan aksi teror yang tidak ingin Sumbawa menjadi daerah paling aman. Terlebih lagi aksi teror tersebut sehari menjelang hari H peringatan HUT RI ke-72. Apalagi Sumbawa terpilih sebagai salah satu spot rally rute pelayaran Sail Indonesia–event internasional yang akan disinggahi puluhan yacht dari berbagai negara, pada 28–31 Agustus 2017. Sebab ketika tidak aman, maka event berkelas dunia maupun event lainnya tidak berdampak untuk daerah ini.

Meski bukan bom namun keberadaan benda yang cukup mengejutkan dan menghebohkan mendapat perhatian serius kepala daerah. Bahkan dalam menyikapi hal tersebut Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa sempat mengumpulkan semua anggota Forkopimda terdiri dari Sekda, pimpinan DPRD, Kapolres, Kajari, Dandim 1607, dan Ketua PN untuk menggelar rapat khusus di ruang kerja Bupati.

Usai Rapat, Kapolres Sumbawa, AKBP Yusuf Sutejo SIK MT didampingi Sekda Drs H Rasyidi memberikan keterangan pers. Orang nomor satu di jajaran Bhayangkara Sumbawa ini menegaskan bahwa Sumbawa tetap aman. Ia menjamin kondisi tersebut karena keberadaan benda menyerupai bom ini tidak mengganggu kondusifitas daerah. “Saya jamin Sumbawa tetap aman, insyaa Allah,” ucapnya, seraya menambahkan bahwa kondisi aman ini tidak membuat masyarakat lengah. Kewaspadaan sangat penting bukan hanya menyikapi aksi teror ini, tapi juga hal-hal lain yang berpotensi terjadinya kerawanan keamanan.

Baca Juga  Istri Prajurit Harus Menjaga Citra Diri dan Suami
Sekda Sumbawa, Drs. H. Rasyidi

Hal senada dikatakan Sekda Drs. H. Rasyidi bahwa Sumbawa masih menjadi daerah yang kondusif. Adanya aksi teror itu menjadi warning bagi semua pihak untuk waspada. Dalam hal ini, pihaknya akan menginstruksikan jajaran pemerintah hingga tingkat paling bawah untuk meningkatkan keamanan. Salah satunya mengaktifkan dan menggiatkan Siskamling. “Masyarakat harus sigap dan tanggap. Ketika ada hal yang mencurigakan di lingkungan tempat tinggalnya segera disikapi dan dilaporkan kepada aparat berwenang,” imbuhnya.

Mengingat HUT Perayaan Proklamasi Kemerdekaan RI digelar Kamis (17/8) besok, Sekda yakin dengan dukungan Polri, TNI dan seluruh masyarakat kegiatan tersebut sukses dilaksanakan. “Sehebat apapun aparat keamanan jika tanpa dukungan masyarakat maka tidak akan maksimal dalam menjaga wilayah ini. Marilah kita bahu membahu dengan mempertahankan Sumbawa sebagai daerah yang paling kondusif di NTB ini,” pungkasnya. (JEN/SR)

iklan bapenda