Kini Asuransi TKI Ditangani BPJS

oleh -0 views
Khaeril Anwar S.Sos, Kabid Penta Kerja Disnakertrans Sumbawa
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (14/08/2017)

Sejak 1 Agustus 2017, jaminan social Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ditangani BPJS. Artinya program itu tidak lagi menjadi tanggung jawab konsorsium bagi penyelenggaraan asuransi TKI. Hal ini ditandai dengan peluncuran progam jaminan social bagi TKI secara resmi oleh Menteri Tenaga Kerja, M Hanif Dhakiri.

amdal

Kadisnakertrans Sumbawa melalui Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Khaeril S.Sos, belum lama ini membenarkan hal itu. Diambil-alihnya penanganan asuransi TKI oleh BPJS dari konsorsium, ungkapnya, sebagai bentuk komitmen yang sangat tinggi dalam menghadirkan kembali negara untuk memberikan perlindungan kepada TKI. Banyak manfaat tentang peralihan ini. Dengan BPJS, TKI memiliki kepastian mendapat asuransi jika mengalami kecelakaan kerja atau hal lain. Sebab BPJS milik pemerintah. Selain itu terjamin dan mendapat kemudahan dalam pengurusannya. Manfaat lainnya, mendapat santunan kecelakaan kerja dan kematian, serta jaminan hari tua dan pensiun. “Komitmen Pemerintah tidak hanya untuk melindungi hak-hak para pekerja migran, tapi juga anggota keluarganya,” ungkap Khaeril.

Sementara itu, Dirut BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto mengatakan BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan layanan yang mudah, sistem yang handal serta jaringan yang luas. Ia berharap dengan transformasi jaminan sosial ini, maka akses pelayanan seperti pembayaran iuran dan klaim akan lebih gampang dilakukan TKI. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Porsi Pengadaan Ternak Dikurangi