Kajari Sumbawa: Kita Harus Hormati Putusan Pengadilan

oleh -0 views
Kajari Sumbawa, Paryono SH MH
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (14/08/2017)

Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa, Paryono SH MH meminta semua pihak untuk menghormati putusan pengadilan terkait gugatan Praperadilan yang dimenangkan pihak penggugat (Dirut BPR Sumbawa). Demikian jika memang ada hak tergugat (Kapolres Sumbawa) melakukan perlawanan hukum atau upaya lainnya, juga harus dihormati.

amdal

Pihaknya selaku JPU pun, ungkap Paryono—sapaan Kajari, akan menghormati putusan pengadilan. Ketika putusan Praperadilan itu bersifat final dan mengikat yang menegaskan penyidik Polres Sumbawa tidak berwenang menangani kasus tindak pidana perbankan, polisi harus menghentikan proses penyidikan. Sebab ketika dinyatakan tidak berwenang, semua proses penyidikan yang dilakukan terkait kasus itu menjadi tidak sah. “Ya prosesnya harus dihentikan. Kami pun akan mengembalikan berkas perkara kasus perbankan itu yang diajukan penyidik kepolisian, mengacu pada putusan pengadilan,” kata Paryono yang dikonfirmasi SAMAWAREA di ruang kerjanya, Senin (14/8).

Namun demikian ungkap Kajari, bukan berarti perkara perbankan itu berhenti. Sebab ini masalah kewenangan bukan persoalan pembuktian. Artinya penanganan kasus itu bisa diserahkan kepada yang berwenang, misalnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nantinya OJK akan menindaklanjuti kasus itu sesuai aturan hukum yang berlaku. (JEN/SR)

 

iklan bapenda
Baca Juga  Dendam Lama, Din Jaksa Tertusuk Panah