Jelang MTQ Provinsi, Pelatih dan Qori/Qoriah Sumbawa Dilatih

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (15/08/2017)

Sebanyak 33 Pelatih dan Qori/Qoriah Kabupaten Sumbawa diberikan pelatihan sebagai persiapan dalam menghadapi Musabaqah Tilawatil Qur’an XXVII tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2017. Pelatihan yang berlangsung di Hotel Harapan selama 4 hari, 13—16 Agustus ini, resmi dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd, Senin (14/8) kemarin.

amdal

Dalam laporannya Haji Ikhsan menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada kafilah-kafilah Kabupaten Sumbawa sehingga dapat menghasilkan kafilah yang berbobot dan mampu bersaing pada MTQ ke-27 Tingkat Provinsi di Kabupaten Bima mendatang. Peserta pelatihan terdiri dari 7 pelatih dan 26 orang qori/qoriah.

Lebih jauh dikatakan, pembibitan calon (regenerasi) qori/qoriah sangat strategis dan penting dalam rangka membangun generasi muda Islam yang Qur’ani. Selain memberikan motivasi kepada anak-anak sejak dini dalam belajar seni baca dan tulis Al-Qur’an serta pemahaman terhadap Al-Qur’an, kegiatan ini juga untuk pembibitan calon qori/qoriah untuk persiapan kafilah Kabupaten Sumbawa dalam menghadapi ajang Seleksi Tilawah Qur’an (STQ) maupun Musabaqah Tilawah Qur’an (MTQ) secara keseluruhan. “Pelatihan ini akan meningkatkan kualitas kemampuan dan menyiapkan mental serta jiwa para qori/qoriah kita agar nantinya siap menghadapi ajang STQ maupun MTQ di provinsi, nasional bahkan internasional,” imbuhnya.

Ia mengingatkan bahwa proses pembinaan harus dilakukan secara kontinuitas, kesinambungan dan sistematis sehingga dapat meraih hasil maksimal dari pelaksanaan program pembinaan tersebut. Untuk itu pembinaan harus dilakukan dari level yang paling bawah agar semakin banyak bibit unggul yang dihasilkan dari proses tersebut. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Rita Desiasni, Dosen UTS Pilihan Menristek Dikti untuk Magang di ITB