Bupati Sumbawa Puji Pagelaran Festival SAMBA

oleh -2 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (13/08/2017)

Festival Samawa Malanti Budaya (SAMBA) di Kecamatan Plampang berakhir, Sabtu (12/8) kemarin. Kegiatan yang berlangsung meriah dan bertujuan untuk melestarikan adat dan budaya Samawa ini ditutup secara resmi oleh Bupati Sumbawa diwakili Kepala Bappeda yang juga Ketua Dewan Kesenian Sumbawa, Ir. H. Iskandar M.Ec.Dev.

amdal

Haji Ande—sapaan Kepala Bappeda ini, memuji upaya yang dilakukan Sanggar Seni Batu Tongkok Plampang yang menginisiasi digelarnya Festival Samba yang di dalamnya dilaksanakan berbagai event perlombaan seni dan budaya daerah. Pagelaran yang telah berlangsung sukses, semarak dan meriah ini ungkap Haji Ande, merupakan kegiatan rutin tahunan. Pada Tahun 2017 ini adalah kegiatan yang ke-8 dan setiap tahun selalu mengalami peningkatan baik dari kuantitas maupun kualitas acaranya. “Kami harap semua kecamatan yang memiliki potensi seni dan budayanya untuk meniru jejak Plampang,” kata Haji Ande yang kini dipercaya sebagai Ketua Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) Kabupaten Sumbawa.

Ia berharap kepada penggagas dan tokoh seni di Plampang ini terus berkreasi dan menggali seni budaya daerah ini. Bukan hanya itu semua sekolah semua jenjang pendidikan dapat terlibat dalam event ini sehingga upaya mengembangkan seni dan budaya Sumbawa menjadi tanggung jawab bersama. Selain itu obyek wisata yang ada perlu dikembangkan sehingga mampu berkonstribusi bagi daerah dan masyarakatnya.

Baca Juga  XL Penuhi Kebutuhan Telekomunikasi Selama Ibadah Haji

Di bagian lain Haji Ande memberikan ucapan selamat kepada para pemenang lomba seni dan budaya pada Festival Samba ini. Ia berpesan agar para pemenang dapat terus mendalami budaya daerahnya mengingat pengaruh budaya luar terus mengalir seiring dengan perkembangan zaman.

Di malam penutupan itu Panitia Festival SAMBA VIII melalui Camat Plampang, Ir Nawawi memberikan cinderamata kepada Ketua Dewan Kesenian Sumbawa. (BUR/SR)

iklan bapenda