Sumbawa Bisa Jadi Daerah Swasembada Garam

oleh -2 views
Menteri Susi Pudjiastuti
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (12/08/2017)

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti menyatakan bahwa Kabupaten Sumbawa bisa menjadi salah satu pilar menuju swasembada garam. Hal ini melihat potensi lahan yang luas dan produksi garam yang meningkat. Untuk mendukungnya ungkap Menteri Susi menyatakan akan membantu peningkatan produksi garam di daerah ini dengan membranisasi ladang garam agar produksinya jauh lebih cepat dan berkualitas. Dengan kualitas ini petani petambakan garam memperoleh harga jual yang baik. Selain itu membantu suntikan modal, membuat tempat penyimpanan, pengangkutan, dan membawa PT Garam untuk menjadi mitra utama para peladang garam di Sumbawa. “Pemerintah ingin mencapai swasembada garam, dan berharap Sumbawa bisa menjadi salah satu pilarnya,” tandasnya saat dicegat SAMAWAREA di kantor Bupati Sumbawa, Sabtu (12/8).

amdal

Sementara Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc mengatakan, secara eksisting, potensi lahan tambak yang dapat digunakan untuk pengembangan garam di Kabupaten Sumbawa mencapai 2.120 hektar yang tersebar di sepanjang pesisir utara Kabupaten Sumbawa dengan potensi produksi sebesar 212 ribu ton per tahun. Pemanfaatan lahan seluas 101,94 hektar  dengan produksi 3.306,35 ton atau 0,04 persen.

Sejak awal Pemerintahan Husni—Mo di tahun 2016, ungkapnya, Ia telah berupaya untuk melakukan terobosan dalam rangka mencari jalan keluar masalah garam. Di antaranya membuka dan atau mencari akses pasar serta meningkatkan kualitas dan juga kuantitas produksi garam rakyat. Salah-satunya menjalin kerjasama dengan PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Gubernur NTB Pimpin Rapat Bahas Program Strategis