Tim KB Kecamatan dan Desa Dievaluasi

oleh -9 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (11/08/2017)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Sumbawa melaksanakan Pertemuan Evaluasi Pelaksanaan Tim KB Kecamatan dan Tim KB Desa, Kamis (10/8). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa ini dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahtaraan Rakyat, pimpinabn OPD, para Camat dan Kades. Selain membuka kegiatan tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dr. H. Ikhsan M.Pd juga menjadi narasumber bersama Kepala Dinas P2KBP3A dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dr. H. M. Ikhsan Safitri, M.Si.

amdal

Dalam laporannya Kepala Dinas P2KBP3A Drs. H. Ibrahim. S. Patawari menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Bupati tentang Pembentukan Tim KB Desa, Tim KB Kelurahan dan Tim KB Kecamatan yang digagas dan diadvokasi oleh District Working Group (DWG). Hal ini telah direspon dengan baik oleh camat dan kades dengna membentuk tim tersebut di wilayahnya. Keberadaan Tim KB ini telah memberikan kontribusi positif bagi kemajuan perkembangan program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) yang ditandai dengan terlihatnya peningkatan di berbagai sisi program KKBPK, meskipun masih dirasakan adanya kendala yang menyebabkan dinamika operasional Tim KB kecamatan, desa maupun kelurahan menjadi tidak maksimal. ”Perhatian dan komitmen Pemerintah Desa yang secara umum dapat dipandang sudah cukup maju terutama dalam hal dukungan anggaran dimana tahun ini mencapai hampir 2,5 Milyar dibanding tahun lalu hanya 1,5 Milyar. Namun dukungan yang besar ini, bila dilihat secara riil di masing-masing desa masih sangat bervariasi, sejalan dengan pemahaman aparat dan masyarakat desa setempat tentang tugas dan fungsi Tim KB itu sendiri bahkan termasuk pemahaman akan program KKBPK bagi kemajuan suatu desa,” ujarnya.

Baca Juga  Sorga di Desa Nijang Diresmikan Wakil Bupati

Kegiatan ini bertujuan melakukan evaluasi terhadap keadaan-keadaan yang dialami baik oleh desa, kelurahan maupun kecamatan. Sehingga diharapkan output dari pertemuan ini nanti dapat menjadi rekomendasi bagi semua pihak agar ke depan kendala yang ada bisa teratasi dan capaian program lebih meningkat secara signifikan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Bupati Sumbawa melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dr. H. Muhammad ikhsan, M.Pd menyatakan bahwa program Kependudukan dan Keluarga Berencana di Kabupaten Sumbawa telah cukup berhasil dijalankan dengan berbagai apresiasi yang diperoleh baik di tingkat regional maupun nasional. Bahkan dari pengamatannya setiap tahun pelaksanaan program KB selalu meraih apresiasi, baik dari pemerintah provinsi maupun pusat.

Keberhasilan dan ikhtiar dalam membumikan program kependudukan dan keluarga berencana ini, selain melalui regulasi juga dengan peningkatan dan kesinambungan program yang dilakukan melalui komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) maupun advokasi. Yang lebih urgensi adalah memperkuat komitmen melalui sinergitas dan kolaborasi dengan pola kemitraan, serta dijalankan secara terintegrasi dan terpadu.

Melalui evaluasi pelaksanaan program keluarga berencana tahun 2017 ini diharapkan dapat menjadi momentum strategis bagi jajaran Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa dalam melakukan penguatan capaian hasil program pembangunan secara progresif, serta memberikan dampak yang signifikan bagi pembangunan manusia dan masyarakat Tana Samawa. (JEN/SR)

iklan bapenda