Home / Ekonomi / Mengenal Dunia Kerja, SMK Al Kahfi Sumbawa Prakerin di Tiga Daerah

Mengenal Dunia Kerja, SMK Al Kahfi Sumbawa Prakerin di Tiga Daerah

SUMBAWA BESAR, SR (11/08/2017)

Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik di dunia kerja, sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK yaitu pendidikan system ganda. Sistem ini memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dengan Prakerin ini peserta didik dapat menguasai sepenuhnya aspek-aspek kompetensi yang dituntut kurikulum, di samping mengenal lebih dini dunia kerja yang menjadi dunianya kelak setelah menamatkan pendidikannya.

Ketua Panitia Prakerin SMK Al Kahfi Sumbawa, M. Kadafi Prawiro SP mengungkapkan, kegiatan Prakerin tahun ini sama seperti 2 tahun sebelumnya dilaksanakan di 3 tempat yang berbeda yaitu PT NASRE (Nasional REE) Jakarta, CV Baja Raya (BRM) Mataram, serta sejumlah kantor Pemerintahan dan BUMN di Kabupaten Sumbawa. Siswa dan siswi SMK Al Kahfi diberikan pilihan untuk memilih tempat Prakerin dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan pihak sekolah. Keberangkatan siswa angkatan ke-3 ini dilepas langsung oleh Kepala Sekolah SMK Al-Kahfi, dihadiri dewan guru, wali murid, dan perwakilan komite sekolah.

Kepala SMK Al Kahfi Sumbawa, M Ingam S,Pd mengatakan, siswa dan siswinya telah diberikan beberapa pembekalan sesuai dengan jurusan masing–masing sebelum mereka diberangkatkan. Untuk diketahui, SMK Al Kahfi memiliki dua jurusan produktif yaitu Program Study Bisnis dan Manajemen dengan paket keahlian akuntansi. Kemudian Program Study Mekanisasi Pertanian dengan paket keahlian alat mesin pertanian.

Prakerin bertujuan untuk membentuk mental siswa-siswi agar memiliki jiwa pekerja keras, selain menambah pengetahuan dan pengalaman masing-masing siswa dalam bidangnya sebelum terjun langsung di dunia kerja yang sesungguhnya. Prakerin juga ajang penerapan teori yang sudah diperoleh siswa-siswi di Sekolah Menengah Kejuruan, serta menyiapkan sumberdaya manusia yang handal, berkualitas, dan berakhlak mulia sesuai dengan tuntutan zaman di era teknologi dan informasi.

Sementara para dewan guru, wali santri, dan perwakilan komite berharap dari kegiatan PKL ini, siswa-siswi SMK Al-Kahfi Sumbawa akan lebih berkualitas dan mumpuni bukan saja secara kepesantrenan dan keterampilan, tetapi juga siap menjadi penggerak kemajuan bangsa. (*)

Lihat Juga

Resmi Dibuka, TMMD di Jotang Empang Mulai Dilaksanakan

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (22/9/2020) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Tahun 2020 di Desa Jotang, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *