Sumbawa Menuju Pemerintahan Berbasis E-Government

oleh -15 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (08/08/2017)

Upaya mendorong terciptanya penyelenggaraan pemerintahan yang transparan berbasis elektronik, Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) menggelar Sosialisasi Pengelolaan Nama Domain dan Sub Domain dalam mendukung penerapan e-Pemerintahan di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula H. Madialoe ADT lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (8/8).

amdal

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya mengatakan, saat ini penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik sudah menjadi keharusan. Suka atau tidak suka harus dilaksanakan sebagaimana telah ditetapkan dalam roadmap e-government 2016-2019. Untuk itu pemerintah harus terus mendukung penuh terwujudnya pemerintahan yang berbasis e-government, baik dari sisi perangkat lunak maupun sumber daya manusianya.

Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman aparatur pemerintahan baik secara perseorangan maupun institusi dalam pemgelolaan domain dan sub domain pada masing-masing OPD. Dalam konteks ini, pemerintah daerah dapat menentukan struktur penamaan domain instansinya dan unit kerja yang ada di bawah struktur induk atau instansi, sesuai dengan peraturan kepala derah. Instansi hanya boleh menggunakan satu nama domain untuk tingkat instansi, sedangkan unit kerja pada instansi harus menjadi subdomain dari nama domain instansi.

Selain itu lanjut Wabup, pemerintah kabupaten juga dapat mengatur tata cara pengelolaan nama domain instansi pemerintah desa  yang ada di wilayahnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam konteks urusan penyelenggaraan komunikasi dan informatika, pemerintah daerah juga bertanggung jawab dalam penyelenggaraan website dan pembinaan konten, SDM dan infrastruktur yang ada di pemerintahan desa. “Saya minta kepada semua peserta sosialisasi ini, untuk mendukung program optimalisasi pemanfaatan aplikasi informatika dan meningkatkan tanggungjawab kita terhadap jalannya program ini, karena saya yakin program ini akan mendatangkan manfaat yang besar bagi pemerintahan kita terutama dalam mewujudkan transparansi penyelenggaraan pemerintahan baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan, bahkan sampai ke seluruh pemerintahan desa,” pintanya.

Baca Juga  Wagub NTB Ungkap Strategi Pemimpin Perempuan Hadapi Pandemi Covid

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa Ir. H. Ibrahim menjelaskan, sosialisasi digelar dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman aparatur dalam memanfaatkan domain dan sub domain. Sosialisasi ini diikuti 60 orang terdiri dari OPD, Sekcam, serta staf tekhnis Diskominfotik Kabupaten Sumbawa. (JEN/SR)

iklan bapenda