Wabup KSB Beberkan Pengalaman Motivasi Siswa MTsN Taliwang

oleh -12 views
Wabup KSB, Fud Syaifuddin ST
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN PEMDA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (04/08/2017)

amdal

Ratusan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Taliwang sangat antusias mendengar ceramah umum yang disampaikan Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST, kemarin. Dalam ceramah itu Bang Fud—sapaan Wabup yang merupakan alumni MTsN 1 Taliwang ini, membeberkan perjalanan pendidikannya dan karier politiknya hingga menjadi orang nomor dua di KSB. Pengalaman panjang Bang Fud ini memecut motivasi para siswa tersebut.

Dituturkannya, dahulu MTsN 1 Taliwang masih sangat sederhana mulai dari bangunannya hingga lingkungannya yang masih becek karena bekas lahan persawahan. Untuk kegiatan ekstrakurikulernya hanya pramuka. Selepas dari MTs, Ia melanjutkan ke SMA 5 Mataram. Untuk masuk sekolah yang palign favorit di Mataram saat itu, dia harus bersaing dengan  calon siswa lain dari kabupaten/kota di NTB. Namun dengan tekad yang kuat, dia akhirnya menjadi salah satu yang lolos dan diterima menjadi siswa. Setamat SMA, semangat sekolah masih membara. Bang Fud yang dikenal tekun belajar ini kuliah di Pondok Darul’ulum Jombang. Dari bekal pendidikannya ini, dia diterima menjadi Konsultan Kementerian di Jakarta. Meski demikian Bang Fud rindu kampung halaman. Ibarat hujan batu di negeri sendiri masih lebih baik daripada hujan emas di negeri orang. Bang Fud pun pulang kampung lalu mencoba mengikuti seleksi sebagai Anggota KPU KSB. Ia pun terpilih dan menjadi ketua KPU. Selama lima tahun menjadi komisioner, Bang Fud bergabung di partai politik untuk menjadi calon legislative. Lagi-lagi keberuntungan masih berpihak, Bang Fud terpilih dan menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD hingga akhirnya menjadi Wakil Bupati Sumbawa Barat.

Baca Juga  KPPT Dinilai Mampu Wujudkan Visi-Misi Husni-Mo

Ia berharap para alumni MTsN Taliwang ini bisa lebih baik dari dirinya. Terlebih saat ini sekolah tersebut jauh lebih bagus ketika dia menjadi siswa. Selama ini orang berpikir anak yang masuk MTsN adalah anak yang kurang menonjol akademiknya alias tidak pintar. Namun kini anak-anak dan orang tuanya mengantri memasukkan anaknya ke sekolah itu. Sebab disadari MTsN memiliki kelebihan dibandingkan dengan SMP. Sebab, siswa MTsN tidak hanya mendapat pelajaran ilmu dunia, tetapi juga pelajaran akhirat. Siswa diajar mengaji dan menghafal. “Inilah yang membentuk karakter siswa, menguatkan iman dan ketaqwaan siswa,” imbuhnya.

Dengan system pendidikan ini, lanjut Bang Fud, banyak lahirnya qori’ dari MTsN 1 Taliwang ini seperti Halqi Zarkasih. Ini tentu menjadi kebanggaan MTsN 1 Taliwang dan menjadi semangat untuk semakin baik. Selain itu di MTsN lebih ditanamkan ilmu sholat. ‘’Anak-anakku jangan tinggalkan sholat, dirikan dan laksanakan dengan berjamaah karena rahmat Allah akan turun membantu kita. Ingat firman Allah, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu,’’ jelas Wabub mengutip Qurán Surat Al Baqarah ayat 45.

Wabup juga mengajak siswa rajin bersedekah dan tidak sombong. Yang berada dapat membantu yang kekurangan. Karena bersedekah pada prinsipnya tidak mengurangi harta melainkan harta kian bertambah. Untuk mendapatkan ilmu dunia dan akhirat, siswa harus menanamkan sikap IJS (ikhlas jujur dan sungguh-sungguh) dalam mencari ilmu. Ikhlas untuk sekolah dan belajar dengan baik. Jujur, tidak menyontek dan berlaku curang serta sungguh-sungguh agar tujuan bersekolah mendapatkan ilmu dan menjadi orang yang beriman dan bertaqwa. ‘’Dengan landasan iman dan taqwa dipadu ilmu pengetahuan maka anak-anakku bisa menjadi generasi penerus daerah, bangsa dan negara. Jika saya dulu sekolah halamannya becek tapi bisa jadi Wakil Bupati. Insyaa Allah kalian dengan kondisi sekolah yang lebih baik bisa menjadi pemimpin daerah bahkan presiden,” ujar Wabup menyemangati para siswa. (HEN/SR)

 

iklan bapenda