Tahun ini, MTsN 1 Taliwang Jadi Sekolah Terpadu

oleh -21 views
Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST bersama siswa MTsN 1 Taliwang
bankntb

SUMBAWA BARAT, SR (05/08/2017)

Kepala Kantor Kementerian Agama KSB, Drs Syarifuddin MM menyatakan akan menjadikan MTsN 1 Taliwang dan MIN 2 Taliwang sebagai sekolah terpadu. “Insyaa Allah tahun ini Surat Keputusan Kementerian Agama terkait hal itu akan terbit,” katanya.

amdal

Jika telah menjadi sekolah terpadu, ungkap Syarifuddin, guru MTsN  bisa mengajar di MIN dan sebaliknya. Sementara untuk Program Boarding School yang akan diterapkan di MTsN 1 Taliwang, tengah diperjuangkan di pusat, sehingga kedepan gedungnya akan dibangun. ‘’Untuk keseluruhan, gedung MTsN akan dijadikan lantai dua, itu adalah perencanaan kami,” tandasnya.

Sebelumnya Kepala MTs setempat, Abdul Azis S.Ag menyampaikan bahwa program terbaru di MTsN 1 Taliwang adalah menghafal. Para siswa digenjot menghafal Al Qurán minimal satu juz, yakni juz 30. Dari program ini, 66 persen lulusan MTsN tahun 2017 telah menghafal satu juz Al Qurán. ‘’Alhamdulillah kami juga mempunyai siswa yang menjadi qori, yakni Halqi Zarkasih, dia bulan ini akan berjuang di Kalimantan dan Aksioma tingkat nasional di Yogyakarta. Kami juga mengirim kontingen lomba pidato,” ungkap Abdul Azis bangga.

Selain hapalan, ada juga program Boarding School atau semi pondok pesantren. Siswa mendapatkan pendidikan pondok pesantren dari guru pondok pesantren pula. Untuk saat ini porsi boarding school yang niatannya untuk meningkatkan iman dan taqwa siswa yang sebelumnya tidak siap di pondok pesantren, diporsikan waktu 24 jam dalam seminggu. Untuk diketahui MTsN 1 Taliwang saat ini memiliki 19 bidang ekstrakurikuler sebagai wadah aktualisasi minat keahlian para siswa, termasuk membentuk karakter siswa. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Jamaah Haji Sumbawa Tiba, Bupati Minta Jadi Teladan Masyarakat