Bupati: Tindakan Tegas untuk Kades Tidak Bermoral

oleh -1 views
Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (04/08/2017)

Bupati Sumbawa, H. M. HusniDjibril, B.Sc sangat marah mendengar informasi ada oknum kades tertangkap di kamar hotel berbuat tak senonoh dengan istri orang. Perbuatan itu menunjukkan moral seorang kades sudah rusak. “Ini fatal, betapa rusak betul moralnya,” tukas Bupati Husni menyikapi oknum Kades Poto, HZ yang digrebeg di kamar Hotel TS bersama seorang wanita yang nota bene istri orang, belum lama ini.

Kepada SAMAWAREA usai Sholat Jumat di Masjid Syuhada Sumbawa, Bupati menyesalkan perbuatan sang kades. Karena itu ia mendukung langkah kepolisian memproses kasus tersebut secara tuntas karena oknum kades ini melakukan perbuatan melawan hukum. “Kami serahkan masalah ini untuk ditindak secara hukum, dan kami minta polisi serius menanganinya,” tegas Bupati Husni.

Untuk tindakan secara birokrasi, Bupati mengaku akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Jika apa yang dilakukan oknum kades itu terbukti secara hukum, tidak ada pilihan lain kecuali tindakan paling tegas untuk kades semacam ini. Menurut Bupati, kepala desa adalah pimpinan rakyat yang harus menjadi panutan. Segala tingkah lakunya bisa menjadi cerminan dan contoh. Ketika kades terjerumus ke hal-hal negatif secara tidak langsung memberi contoh buruk kepada masyarakatnya. Tentunya ini sangat disayangkan, menyedihkan dan tidak bisa ditolerir. Karenanya ia menghimbau semua kepala desa untuk menjaga moral dan berprilaku dengan baik. Moral bisa membuat seseorang itu bermartabat, namun sebaliknya menjatuhkan siapa saja bukan hanya kades tapi juga bupati, gubernur hingga pejabat yang lebih tinggi. Semua ini tergantung kemana moral itu diaplikasikan. “Jika diarahkan ke hal-hal yang buruk maka moralnya buruk, sebaliknya ke hal positif moralnya juga positif,” demikian Bupati.

Baca Juga  Ketua Partai Nasdem Sumbawa ‘Tegur’ TP4D Kejaksaan

Seperti diberitakan, Kades Poto Kecamatan Moyo Hilir, HZ digrebeg di kamar Hotel TS, wilayah Kecamatan Badas, Rabu (2/8) malam sekitar pukul 22.00 Wita. Saat itu oknum Kades ini bersama wanita selingkuhannya. Ironisnya lagi, wanita berinisial NI tersebut masih berstatus istri orang. Penggrebekan itu dilakukan oleh suaminya sendiri dibantu anggota TNI dan dua orang petugas resepsionis hotel setempat. Beruntung sang suami berinisial DD masih bisa menahan emosi, setelah ditenangkan petugas hotel. Pasangan selingkuh inipun langsung digelandang ke Kodim 1607 Sumbawa. Ikut diamankan mobil Avanza DR 1702 DZ milik oknum kades tersebut. Setelah meminta keterangan selama hampir dua jam, oknum kades dan selingkuhannya dijemput anggota Polres Sumbawa yang dipimpin Kepala Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), AIPTU Agus Antara. Kedatangan polisi ini sebagai tindak lanjut laporan dari DD—suami teman selingkuhan oknum Kades. (JEN/SR)

iklan bapenda