Kadis Pertanian Sumbawa Diperiksa Jaksa

oleh -20 views
Kadis Pertanian Sumbawa, Tarunawan S.Sos SP,
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (01/08/2017)

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Tarunawan S.Sos SP, memenuhi panggilan pihak Kejaksaan Negeri Sumbawa, Selasa (1/8). Pejabat ini langsung menjalani pemeriksaan di ruang Pidana Khusus selama beberapa jam. Tarunawan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) Pamanto, Kecamatan Empang. Dalam kasus ini pihak kejaksaan telah menetapkan Kades setempat, Jayalana Maula sebagai tersangka dan telah diperiksa Senin (31/7) kemarin. Sedangkan Tarunawan dimintai keterangan karena saat itu menjabat sebagai Kepala BPM-PD Sumbawa.

amdal

Kajari Sumbawa melalui Kasi Pidsus, Anak Agung Raka PD SH, membenarkan adanya pemeriksaan kepala dinas tersebut. Mantan Kepala BPMPD ini diperiksa untuk tersangka Jayalana. Tarunawan dimintai keterangan terkait tupoksinya selaku Kepala BPM-PD Sumbawa saat itu. Dari hasil pemeriksaan ini, pihaknya akan melayangkan panggilan kepada Inspektorat Sumbawa terutama Ketua Tim Pemeriksaan di Desa Pamanto. ‘’Akan kami layangkan panggilan untuk kami periksa hari Jumat pekan ini,” kata Agung Raka.

Seperti diberitakan, dugaan penyimpangan penggunaan dana Desa Pamanto ini, terjadi Tahun 2015 dan 2016. Desa Pamanto mendapatkan ADD sebesar Rp 800 juta pada Tahun 2015 lalu dan kembali menerima ADD Rp 1,4 miliar pada Tahun 2016. Ada beberapa program yang menggunakan dana itu tidak dilaksanakan, namun secara administrasi dilaporkan seolah-olah program itu dikerjakan. Misalnya proyek pengadaan barang dan pembangunan drainase. Setelah ditotal, diduga kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 800 juta. Kerugian negara ini bisa saja bertambah mengingat tim masih mendalami hasil pengerjaan fisik apakah tidak atau sesuai spesifikasi tekhnis. Dalam kasus ini, kejaksaan sudah menetapkan tersangka yakni Kades Pamanto Jayalana Maula. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Satres Narkoba Sumbawa Ungkap Lokasi Produksi Miras