800 Atlet Siap Bertarung di Porkab II Sumbawa

oleh -0 views
suasana pertemuan antara pengurus KONI, wakil ketua dan Sekretaris KONI Sumbawa Varian Bintoro, M.Si dan Tata Koestara, M.Si dan Ketua Panitia Porkab Amiruddin, S.Pd yang membahas teknik pelaksanaan Porkab II tahun 2017 dengan pengurus Cabor
bankntb

Mustami : Juara Porkab, Harus Ikut Porprov 2018

SUMBAWA BESAR, SR (01/08/2017)

Tercatat sekitar 800 atlit (500 putra dan 300 putri) dari berbagai cabang olahraga (Cabor) resmi terdaftar mengikuti Pekan Olahraga tingkat Kabupaten (Porkab) II Sumbawa, hingga Selasa (1/8). Diperkirakan jumlah ini terus bertambah sebab cukup tingginya animo peserta sejak dibuka pendaftaran pada 1 Juli 2017 lalu. Jumlah Cabor yang dipertandingkan adalah Atletik, Tarung Derajat, Sepak Takraw, Billyard, Senam, Tae Kwon Do, Karate, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Kempo, Pencak Silat, Bulu Tangkis, Bola Volly, Catur dan Basket.

Ketua Panitia Porkab 2017, Amiruddin S.Pd menyatakan, sesuai keputusan rapat pengurus KONI, semua unsur pengurus membantu Cabor mensosialisasikan pelaksanaan Porkab sekaligus menggali potensi atlet di wilayah kecamatan. Untuk Porkab kali ini memang  bukan antar kecamatan, melainkan  antar Cabor. Sebab di Porkab tersebut, meski ada satu atau dua orang atlet di Kecamatan, bisa mendaftarkan diri melalui Cabor. ‘’Kesulitan juga bagi para camat yang lokasinya relatif jauh kalau hanya untuk mengakomodir satu atau dua atlet. Sasarannya kemudian, atlet yang hanya segelintir tapi mungkin terkendala. Pola ini justeru membantu camat sekaligus mengakomodir atlet yang kemungkinan memiliki talenta yang bisa diandalkan untuk menguji skill-nya,’’ kata Amir.

Terkait dengan ratusan atlit yang sudah terdaftar, Amir menyatakan akan dilakukan verifikasi oleh tim yang sudah dibentuk. Sesuai jadwal yang sudah dirapatkan dan diputuskan bersama cabor, ungkap Amir, pembukaan akan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati, Senin, 7 Agustus. Kegiatan itu langsung dibuka Bupati Sumbawa, H Husni Djibril B.Sc. Selanjutnya pertandingan secara resmi dimulai pada 8 Agustus hingga 13 Agustus 2017.

Baca Juga  POPDA Ajang Pembinaan Prestasi Olahraga Pelajar

Disinggung hanya 15 cabor yang ikut Porkab II, Amir yang juga Kepala SDN 7 Sumbawa ini mengaku telah sesuai dengan agenda pada Pekan Olahraga Provinsi 2018 mendatang. Selain itu ada cabang olahraga yang sifatnya teleskoting. Seperti Bridge, sepak bola dan lain-lain. ‘’Nanti pemandu bakat yang akan memilih langsung atlet pada cabor yang bersangkutan. Tentunya tidak hanya main comot, tetapi harus memperhatikan kepiawaian si atlet,’’ jelasnya.

Sementara Ketua KONI Kabupaten Sumbawa, Mustami H Hamzah B.Sc SH menegaskan, pelaksanaan Porkab ini sebagai ajang untuk menjaring atlet yang akan dipersiapkan mengikuti Pekan Olahraga tingkat Provinsi (Porprov) NTB 2018 mendatang. Artinya, siapa saja yang kemudian dinyatakan meraih peringkat I, atau memperoleh medali emas, tidak ada alasan untuk tidak diikutkan pada Porprov mendatang. Dengan demikian, pelaksanaan Porkab ini, benar-benar akan melahirkan atlet sebagai proses seleksi yang ketat. ‘’Tidak ada alasan bagi  cabang olahraga mana saja yang ikut pada Porkab ini, ketika atletnya menjadi juara, lantas tidak diikutkan pada Porprov 2018,’’ tegas Mustami, seraya berharap potensi atlet yang lahir dari Kabupaten Sumbawa nantinya dapat membawa nama harum daerah untuk pertandingan di tingkat provinsi dan nasional. (JEN/SR)

iklan bapenda