Latih Petani, SAI–Rumah Zakat Hadirkan UI

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (30/07/2017)

Sumbawa Academia Institute (SAI) menggandeng kader penggerak Program Desa Berdaya Rumah Zakat menghadirkan Universitas Indonesia (UI) untuk menggelar “Workshop Penggunaan Coating Beeswax pada Produk Hortikultura Pasca Panen”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes, Sabtu (29/7) kemarin.

amdal

Ketua Panitia Pelaksana, Aan Widhi Atma dalam laporannya menyampaikan, SAI adalah lembaga non profit yang didirikan untuk memberi konstribusi aktif kepada masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Sumbawa dan Indonesia Timur, baik berupa pengembangan pendidikan dan kebudayaan, riset dan kajian di bidang sains dan teknologi, pelatihan ilmiah, seminar dan workshop maupun konsultasi. Kegiatan hari ini ungkap Aan–sapaan akrabnya, adalah kerjasama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI. “Kami memilih Desa Jorok sebagai pusat kegiatan, karena merupakan lokasi Program Desa Berdaya Rumah Zakat. Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan ini menggandeng teman-teman kader penggerak,” jelasnya.

Disebutkan, peserta kegiatan ini terdiri dari unsur petani buah, pedagang buah, penghasil lilin lebah dan petugas pertanian. Yang menjadi narasumber pada workshop ini adalah Anawati Ph.D–dosen sekaligus peneliti Program Studi Ilmu Material Departemen Fisika Universitas Indonesia.

Kepala Dinas Pertanian Sumbawa diwakili Kepala Bidang Perkebunan, H. Syahri, SP dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan workshop ini. Ia meyakini ilmu yang diperoleh dari kegiatan tersebut, sangat berarti bagi kemajuan dunia pertanian khususnya petugas, petani dan pedagang buah. “Semoga ke depan kegiatan-kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan dan terjalin kerjasama yang baik untuk memajukan pertanian kita,” harapnya.

Baca Juga  Pasca Banjir, PLN Pulihkan Listrik di Bima

Di tempat yang sama, Relawan Inspirasi Rumah Zakat, Repi S menyatakan akan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Ia menyampaikan terima kasih kepada pengurus SAI yang telah melibatkan kader penggerak Program Desa Berdaya. “Semoga kita dapat melanjutkan kerjasama ini di masa-masa mendatang,” pintanya. (JEN/SR)

iklan bapenda