Ribuan Siswa di KSB Antusias Ikut Seminar Kebangsaan

oleh -0 views
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN PEMDA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (25/07/2017)

amdal

Ribuan siswa SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memadati Masjid Agung Darussalam di lingkungan KTC. Kehadiran para pelajar ini untuk mengikuti Seminar Kebangsaan yang membahas tentang pencegahan sejak dini pengaruh narkoba dan paham radikalisme yang merusak generasi penerus bangsa, Senin (24/7) kemarin. Kegiatan bertemakan Merajut Impian, Menepis Rintangan, Menggapai Cita-cita Mengabdi untuk Bangsa” ini digagas Pemerintah Daerah Sumbawa Barat bekerjasama dengan Kodim 1607 Sumbawa.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. H. W. Musyafirin MM, dalam sambutannya menyebutkan banyak hal yang harus diketahui pelajar sejak dini sehingga mereka dapat memilah mana yang baik dan buruk termasuk mengenai bahayanya narkoba dan paham radikalisme. Dengan wawasan tersebut, mereka akan memiliki sikap waspada dan pengendalian diri terhadap hal-hal yang berbau negatif. Sebaliknya mereka dapat memanfaatkan waktu untuk kepentingan yang positif dan bermanfaat. “Pimpinlah diri kalian dengan baik agar ke depan bisa memimpin orang lain. Kalian harus disiplin, karena apa yang kalian telah lakukan hari ini merupakan investasi di masa depan. Kalian harus belajar dengan sungguh-sungguh,” pesan bupati.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. H. W. Musyafirin MM

Di era informasi yang bebas dan kompleks ini, ungkap Bupati, pelajar harus memiliki filter. Karena semua fasilitas itu hanyalah penunjang untuk mengejar setiap cita-cita di hari esok. Harus diingat, pendidikan agama dan kebangsaan harus menjadi prioritas dan terus diperdalam, serta tidak merasa cukup dengan ilmu pengetahuan yang telah dimiliki.

Baca Juga  Formandes Deklarasi Dukungan, Izzul Islam Siap Rebut Kemenangan

Bupati juga meminta kepada guru agar memperhatikan perkembangan siswa, dan harus mampu memberikan contoh yang baik. Sebab guru adalah sosok yang senantiasa digugu dan ditiru oleh siswa di sekolah. “Kalau mau anak muridnya disiplin guru harus lebih disiplin, jangan anggap tugas sebagai guru menjadi beban karena ini kewajiban yang harus ditunaikan dengan ikhlas jujus dan sungguh sehingga bernilai ibadah. Saya menitip anak-anak ini (pejajar) kepada guru, agar mereka menjadi generasi emas di masa mendatang,” pintanya.

Dandim Sumbawa 1607 Sumbawa, Letkol ARM Sumanto S.Sos, menekankan kepada para siswa selaku generasi penerus harus cinta Indonesia dan Indonesia adalah harga mati. “Kita harus bisa mengenal Indonesia secara utuh, dengan tujuan yang sama Indonesia tetap jaya,” tegasnya.

Dandim juga menyampaikan rasa nasionalisme atau mencintai tanah air harus tertanam dalam diri generasi penerus, sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh orang-orang yang ingin menghancurkan Indonesia demi kepentingannya pribadi dan kelompok. “Kita harus menjaga kedaulatan NKRI, ini tugas kita bersama yang harus kita tanamkan dalam benak kita. Jangan sampai kalian terpengaruh dalam pergaulan bebas, memakai narkoba, dan tawuran antar pelajar, karena itu semua menghancurkan masa depan kalian,” pungkasnya. (HEN/SR)

iklan bapenda