Mendagri Segera Putuskan Siapa Pemilik Gili Kalong

oleh -8 views
Tim Ekspedisi Sumbawa melihat peta tapal batas di sekitar Gili Kalong, 4 Oktober 2015 lalu
bankntb

SUMBAWA BARAT, SR (24/07/2017)

Sengketa tapal batas antara Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa sudah berlangsung selama puluhan tahun. Batas yang belum jelas hingga kini sepertinya mulai menemui titik terang. Sebab dalam waktu dekat akan ada keputusan resmi dari Mendagri. Hal ini mengingat kedua kabupaten tersebut sudah menyerahkan sepenuhnya kepada Mendagri untuk menetapkan tapal batas ini.

Kepala Bagian Pemerintahan, Endang Arianto S.Sos M.Si yang ditemui SAMAWAREA, Senin (24/7) mengakui jika Tim Kementerian Dalam Negeri sudah turun ke lapangan melihat lokasi yang menjadi status quo. Selain itu pemerintah kedua kabupaten sudah dipanggil ke Jakarta  untuk memberikan penjelasan dari pandangan masing masing Kabupaten, termasuk pendapat mengenai Gili Kalong yang menjadi obyek sengketa. Penjelasan itu dijadikan sebagai pertimbangan untuk memutuskan tapal batas tersebut. “Semua proses sudah kita lalui jadi tinggal menunggu keputusan Mendagri. Keputusan ini dikeluarkan dan disatukan dengan Permendagri dengan batas lautnya sekaligus,” imbuhnya, seraya berharap apapun keputusan Mendagri nanti, kedua kabupaten dapat menerimanya dengan lapang dada. Karena kedua kabupaten sudah sepakat menyerahkan keputusan tersebut kepada pemerintah pusat.

Sementara mantan Ketua Karang Taruna Desa Usar Mapin Kecamatan Alas Barat, Gurun Jaya Kusuma menyatakan sangat mendukung penuntasan masalah tapal batas tersebut. Sebab dengan kondisi masih statusquo seperti ini dimanfaatkan masyarakat untuk mendirikan bangunan liar dan menjadi lokasi hiburan yang sarat dengan maksiat dan tindak kriminal. “Kami hanya ingin yang terbaik untuk generasi penerus bangsa supaya menjadi penerus bangsa yang cerdas dan bermoral,” pungkasnya. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Oknum Pejabat Dilaporkan Berselingkuh