Home / HukumKriminal / Kejaksaan Selidiki Pengelolaan PPAPM SMP di Sumbawa

Kejaksaan Selidiki Pengelolaan PPAPM SMP di Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (23/07/2017)

Kejaksaan Negeri Sumbawa saat ini tengah fokus menyelidiki kasus dugaan tindak pidana korupsi Pengelolaan Program Perluasan Akses dan Peningkatan Mutu (PPAPM) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sumbawa. Penyelidikan ini dilakukan setelah menerima pelimpahan penanganan kasus tersebut dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB, belum lama ini. “Ini baru kami tangani, dan sekarang sedang kami dalami,” kata Kajari Sumbawa, Paryono SH MH didampingi para Kasinya pada jumpa pers di Kejaksaan Negeri Sumbawa, Sabtu (22/7) kemarin.

Untuk diketahui, jelas Kajari, program tersebut dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pendidikan Tahun Anggaran 2010—2011. Anggarannya mencapai ratusan miliyar yan dialokasikan untuk seluruh Kabupaten/kota di Indonesia. Untuk Kabupaten Sumbawa, dana yang diterima sekitar Rp 3 Milyar yang diperuntukkan bagi 129 sekolah.  Untuk memastikan apakah program sudah berjalan dan sesuai spesifikasi atau tidak, pihaknya akan menelusurinya dengan menugaskan tim turun ke lapangan. Sebab dari laporan yang masuk diduga terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya.

Kajari mengakui ketika penanganan dilakukan di Kejati, sudah ada beberapa orang yang dipanggil dan dimintai keterangannya baik dari dinas maupun sekolah penerima manfaat. Untuk penanganan pasca pelimpahan dari Kejati, pihaknya akan kembali mendalami keterangan saksi-saksi. “Kami akan menjadwalkan pemanggilan sejumlah saksi, maupun waktu untuk turun ke lokasi,” demikian Kajari. (JEN/SR)

 

 

Lihat Juga

Sekolah Guru Indonesia (SGI) Hadir di KSB

Oleh: Hasruliza,S.Pdm (Ketua SGI Kabupaten Sumbawa Barat) SUMBAWA BARAT, samawarea.com (22/9/2020) Alumni SGI angkatan 25 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *