Dorong Kreatifitas, Digelar Lomba Cipta Menu Makanan Beragam

oleh -1 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (20/07/2017)

Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa menggelar Lomba Cipta Menu Makanan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan Lomba Kudapan bagi siswa SMA/MA/SMK Tahun 2017, Kamis (20/7). Kegiatan yang dilaksanakan di RTH Taman Mangga ini dihadiri Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc, Ketua PKK Kabupaten Sumbawa Hj. Amien Rahmani Husni Djibril, dan sejumlah pimpian OPD serta camat.

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa, Ir. Sirajuddin dalam laporannya menyampaikan, penyelenggaraan kegiatan lomba cipta menu makanan B2SA dan kudapan ini bertujuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan mendorong kreatifitas masyarakat dalam menciptakan menu untuk memenuhi gizi keluarga sesuai kaidah hidup sehat. Selain itu memasyarakatkan dan membiasakan keluarga mengkonsumsi makanan beragam, bergizi, seimbang dan aman untuk kebutuhan sehari-hari dengan memanfaatkan potensi pekarangan sebagai sumber pangan keluarga. “Ada empat kegiatan pokok yang harus kita kembangkan. Ada kebun percontohan dan lainnya. Mudah-mudahan saya didukung oleh seluruh camat dan kepala desa agar program ini bisa dilaksanakan di tahun 2018. Karena apa yang kita lihat sekarang di sini hasil dari pengembangan pekarangan kita,” ujarnya.

Ketua PKK Kabupaten Sumbawa Hj. Amien Rahmani Husni Djibril mengatakan, konsumsi pangan masyarakat pada umumnya masih terfokus pada beras sebagai makanan pokok sehingga adanya persepsi bahwa mereka masih belum merasa makan kalau belum makan nasi dari beras. Sehingga pemanfaatan umbi-umbian sebagai pangan pengganti beras masih sangat rendah. Bahkan dengan makan umbi-umbian masih dianggap sebagai makanan kelas bawah.

Baca Juga  HMI Bali Nusra Desak Gubernur NTB Bertanggung Jawab

Diungkapkan, pemerintah telah mengeluarkan pedoman penyusunan menu untuk keluarga adalah menu yang beragam, bergizi, seimbang dan aman. Artinya menu makan sehari-hari harus beragam baik sumber karbohidrat, protein, mineral maupun vitaminnya. “Semua bahan makanan yang akan dikonsumsi harus aman dari bahan-bahan yang membahayakan atau mengganggu kesehatan tubuh baik bahaya fisik, kimia maupun biologi,” terangnya.

Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, B.Sc menyampaikan, pangan adalah kebutuhan manusia yang sangat mendasar. Melimpahnya pangan tidak menjamin terhindarnya kebutuhan pangan terhadap penduduk apalagi pada pangan yang bergizi. Selain persediaannya perlu diperhatikan juga aspek pola konsumsi rumah tangga, atau keseimbangan kontribusi jenis pangan yang dikonsumsi sehingga memenuhi standar gizi yang telah ditentukan.

Dijelaskannya, pangan merupakan hal yang sangat penting dan strategis bagi keberlangsungan umat manusia. Kaerenanya pangan ditetapkan sebagai salah satu HAM yang pengadaannya wajib dijamin oleh negara. Membangun ketahanan pangan merupakan satu prioritas pembangunan nasional. “Pangan lokal yang beragam, bergizi dan berimbang adalah makanan yang dibutuhkan oleh tubuh yang berimbang dengan daya rasa dan daya cerna masyarakat untuk dikonsumsi. Untuk itu, perlu dilakukan koordinasi dan gerakan yang terus menerus oleh setiap instansi terkait. Agar dapat memotivasi kesadaraan masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, beragam, aman yang berbasis sumber daya pangan lokal,” pungkas Bupati. (JEN/SR)

iklan bapenda