Ika Smandita’10 Dorong Generasi Muda KSB Gemar Membaca

oleh -0 views
Ketua Ika Smandita'10, Irmansyah S.Pd
bankntb

SUMBAWA BARAT, SR (17/07/2017)

Ikatan Alumni Smandita 2010 (Ika Smandita’10) mendorong generasi muda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk gemar membaca. Semangat membaca terus digaungkan sebagai salah satu cara membentuk mindset dan kultur generasi mendatang agar bisa bersaing menghadapi tantangan zaman. “Gerakan gemar membaca ini kami gaungkan juga sebagai cara untuk mendukung program pemerintah, yakni pembangunan manusia dengan revolusi mentalnya,” ujar Ketua Ika Smandita’10, Irmansyah S.Pd kepada SAMAWAREA, belum lama ini.

Menurutnya, program pemerintah pusat yang menjadi ikon pemerintahan Jokowi-JK yaitu revolusi mental memang sudah sangat familiar di telinga. Namun, hal tersebut dirasa belum maksimal, bahkan seperti isapan jempol belaka. Imeng–sapaan akrabnya menjelaskan, salah satu cara mendukung revolusi mental yaitu dengan gemar membaca. “Saya akui bahwa gerakan gemar membaca memang sudah banyak digaungkan secara nasional oleh pegiat pendidikan. Namun, di KSB kita perlu membangun semangat itu, apalagi melihat kondisi generasi muda KSB yang cenderung pasif dan konsumtif,” tukasnya.

Sebagai gerakan nyatanya, Ika Smandita’10 mengawalinya dengan melakukan penggalangan dan menerima donatur buku. Pihaknya telah membuka stand di Kelurahan Arken, dan sudah terkumpul puluhan buku. Pihaknya akan terus membuka penggalangan buku sebanyak banyaknya. “Buku yang terkumpul lalu kemudian kami sortir, kami pilah mana buku yang layak dibaca oleh anak-anak dan tidak layak dibaca,” imbuhnya.

Baca Juga  Go to School, Relawan Nusantara Tebar Kebahagiaan

Untuk langkah awal pihaknya menjadikan sekolah Satap (Satu Atap) menjadi sasaran utama gerakan gemar membaca. Seperti di Desa Mataiyang dan Desa Mantar. “Ya kita awali dari sekolah Satap dulu, kemudian kita sasar ke sekolah umum lainnya,” ujarnya, seraya menyatakan Agustus mendatang program gerakan gemar membaca untuk generasi muda KSB sudah diselesaikan yang kemudian dievalusasi dan pembinaan secara berkelanjutan. (HEN/SR)

iklan bapenda