Tim PKM UNSA Optimis Lolos PIMNAS

oleh -2 views
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UNSA Dr. Budi Prasetiyo, S.Sos.,M.AP
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (13/07/2017)

Tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Universitas Samawa (UNSA) baru saja mempresentasikan dan mendeskripsikan hasil laporan penelitian 80% dalam program PKM yang dibiayai Kemeristekdikti di Universitas Mataram (Unram), belum lama ini. Kegiatan tersebut merupakan program yang masuk dalam kategori Pekan Ilmiah Mahasiswa Daerah (PIMDA). Tim tersebut terdiri 6 kelompok mahasiswa yang didampingi masing-masing dosen pembimbing dan Rektorat Bagian Kemahasiswaan. Seperti diberitakan, untuk mendapatkan PKM ini, sebuah universitas harus bersaing dengan seluruh universitas di Indonesia. Dalam persaingan itu, UNSA sukses meloloskan 6 kelompok mahasiswanya. Keberhasilan ini cukup membanggakan, sebab PKM merupakan salah satu program hibah Dikti yang diperebutkan oleh mahasiswa di seluruh universitas di Indonesia. PKM merupakan bagian dari program Dikti yang terintegrasi dengan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat lainnya. Tujuannya menghantarkan mahasiswa mencapai tahap pencerahan kreativitas dan inovasi berdasarkan penguasaan sains dan teknologi. Selain itu PKM diharapkan mampu meningkatkan iklim akademik yang kreatif, inovatif, solutif, dan mandiri, serta meningkatkan mutu peserta didik di perguruan tinggi.

Adapun mahasiswa yang lolos proposal tersebut adalah Zainul Iksan Hakim dengan judul “All In One Prototipe Sistem Virtual Terpadu E-Guru 24 Jam Solusi Cerdas Belajar Fisika” yang masuk dalam kategori PKMKC, Andhi Rinardi Firmansyah dengan judul “Kewirausahaan Panan Tuja Batu” yang masuk kategori PKMK, Kholifatul Lailah dengan judul “Pelatihan dan Pendampingan Budidaya Si Putih di Daerah Pesisir” kategori PKMM. Selain itu Sri Susilawati dengan judul “Stick Rakit Buger Hylo Poly (Ekstrak Kulit Buah Naga Merah Hylocereus Polythizuz”) kategori PKMK, Ike Oktapiana dengan judul “Sarung KK ABG (Sabun Mangrove dan Kue Kering Ala Brugeria Gimnomriza) Inovasi Penyelamatan Ekosistem Mangrove Melalui Peningkatan Nilai Ekonomi Mangrove dan Pendapatan Masyarakat Desa Labuan Kuris” kategori PKMM, dan Subaiyah dengan judul “Pengen Mangga (Pengelolaan Sampah Rumah Tangga) Dengan Metode Takakura Guna Mewujudkan Masyarakat yang Mandiri Pupuk Desa Mama”, kategori PKMM. Jumlah yang mereka dapatkan tersebut tidak lepas dari bimbingan para dosen masing-masing mahasiswa. Selanjutnya, jika nanti di PIMDA tim tersebut berhasil lolos berhak melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang berlangsung di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sulawesi Selatan, Agustus mendatang.

Baca Juga  UTS dan Stanford University Amerika Kerjasama Penelitian

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UNSA, Dr. Budi Prasetiyo, S.Sos.,M.AP mengaku sangat bangga akan pencapaian dari para mahasiswa. Ada 7 bidang PKM Dikti, dan UNSA berhasil memenangkan 3 dari 7 bidang tersebut oleh 6 kelompok mahasiswa. “Kami yakin salah satu kelompok PKM UNSA yang telah selesai mempresentasikan laporan penelitian di PIMDA Mataram kemarin akan lolos ke PIMNAS mendatang. Dalam PIMNAS, laporan penelitiannya harus dilaporkan 100% setelah di PIMDA mereka laporkan hasil penelitiannya 80%. Kedepan ini akan menjadi motivasi bagi mahasiswa yang lain untuk dapat lebih kreatif dan inovatif guna mempersiapkan diri menjadi pemimpin, kewirausahaan, dan berjiwa mandiri, sehingga peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni,” tutupnya. (JEN/SR)

iklan bapenda