Kebakaran Wisma Daerah, Pemda Harap Bantuan Perusahaan Asuransi

oleh -2 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (12/07/2017)

Menyikapi musibah kebakaran Wisma Daerah atau Wisma Praja Kabupaten Sumbawa, Sekda Sumbawa, Drs. H. Rasidi langsung menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan para asisten dan perangkat daerah terkait, di Aula H. Hasan Usman Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (11/7) malam. Dalam Rakor tersebut, Sekda mengingatkan agar dalam menghadapi musibah ini tidak terlalu larut dalam kesedihan, tetapi segera mengambil langkah apa yang harus dilakukan sehingga mampu mewujudkan kembali istana tersebut, meski tidak bisa sama dengan aslinya. Paling tidak bisa mendekati bentuk konstruksi bangunan peninggalan kesultanan  Sumbawa tersebut, yang pada zaman kerajaan bernama Bala Puti (Istana Putih).

Sekda meminta kepada kepala OPD terkait segera melakukan langkah-langkah kongkrit, antara lain membuat laporan polisi, berita acara musibah kebakaran, dan hal lain untuk disampaikan kepada Gubernur maupun Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) di Gianyar Bali. Sambil menunggu hasil identifikasi polisi tentang penyebab kebakaran, Sekda juga meminta kepada Kabag Umum Setda dan Kepala Badan Pengelola Aset dan Keuangan Daerah untuk menghitung volume dan nilai kerugian inventaris daerah, berkoordinasi dengan Kantor Penilaian Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima.

Sementara itu Kepala Bappeda yang juga ketua Lembaga Adat Tana Samawa (LATS), Ir. H. Iskandar M.Ec.Dev mengharapkan ketika dalam melakukan rekonstruksi pasca kebakaran agar melibatkan para tokoh adat dan budayawan Sumbawa, sehingga hasilnya nanti bisa sesuai dengan bentuk aslinya. Haji Ande—sapaan akrabnya berharap adanya bantuan dari berbagai pihak. Di antaranya santunan kerugian dari perusahaan asuransi, bantuan kementerian, bantuan Badan Penanggulangan Bencana maupun lembaga-lembaga lainnya. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Mahasiswa Punya Tanggung Jawab untuk Membangun