Mamiq Sukriman: Kebakaran Wisma Diawali Ledakan dari Lantai Bawah

oleh -3 views
Mamiq Lalu Sukriman
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (11/07/2017)

Teka-teki asal muasal api yang menghanguskan Bala Puti Wisma Praja Sumbawa mulai terungkap. Lalu Sukriman adalah salah satu saksi mata yang mengetahui awal musibah yang mengejutkan masyarakat Sumbawa. SAMAWAREA mewawancarai khusus Sopir Bus Pemda yang setiap hari memarkir busnya di samping Wisma Praja.

Pagi itu Mamiq—sapaannya, sengaja datang ke Wisma untuk membersihkan bus yang baru digunakan untuk kegiatan dinas ke Lunyuk. Sekitar setengah jam membersihkan bagian dalam bus, dia kaget mendengar suara ledakan yang cukup keras. Mamiq langsung keluar dan turun dari bus memeriksa semua ban mengira ada yang pecah. Tapi semuanya dalam kondisi bagus. Ketika berbalik ke kiri—bagian timur bangunan Wisma Praja, Mamiq semakin terkejut melihat api berkobar dari lantai bawah ruangan yang bisa tempat menyimpan konsumsi untuk para tamu saat ada acara daerah. Ruangan itu berada berderet dengan kamar mandi. Mamiq yang dibantu Arifin–pegawai bagian kebersihan Wisma bergegas menuju asal api sambil meraih tabung pemadam berusaha memadamkan si jago merah itu. Selain menggunakan tabung, keduanya menyiram dengan air seadanya. Keduanya merasa lega karena dalam penglihatannya, api sudah padam. Keduanya kembali ke bus, kebetulan kendaraan itu dalam keadaan hidup karena dipanasi. Baru sampai bus, Mamiq kembali panik ternyata apinya belum padam bahkan berkobar hebat. Bahkan api menyebar ke ruangan lain dan membumbung tinggi melahap bagian atas. Karena api besar, Mamiq berusaha mengevakuasi ke luar komplek Wisma sekaligus meminta bantuan warga yang ramai di Posko Cobra sekitar 70 meter dari TKP. Mamiq juga menghubungi petugas pemadam kebakaran. “Setelah itu saya tidak tahu apa yang terjadi, karena saya mengevakuasi beberapa bus dari dalam Wisma langsung ke kantor Bupati,” akunya, seraya mengaku tidak mengetahui penyebab kebakaran termasuk asal ledakan yang cukup keras tersebut.

Baca Juga  Maklumat Kapolri: Melarang Kegiatan Sosmas Penyebab Berkumpulnya Massa

Penjelasan Mamiq Lalu Sukriman ini menepis adanya spekulasi api bermula dari lantai atas. Dari informasi yang diperoleh, di sumber api terdapat box (trafo) listrik. Kuat dugaan ledakan itu berasal dari Box tersebut. Namun demikian penyelidikan masih terus dilakukan polisi. (JEN/SR)

 

iklan bapenda