Bala Puti Wisma Praja Sumbawa Terbakar

oleh -13 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (11/07/2017)

Masyarakat Kota Sumbawa tersentak. Pasalnya Istana Bala Puti atau yang dikenal dengan Wisma Praja Sumbawa dilalap si jago merah, hingga tersisa puing-puing. Peristiwa mengejutkan ini terjadi Selasa, 11 Juli 2017 sekitar pukul 09.45 Wita. Belum diketahui penyebab pasti kebakaran. Namun dari beberapa saksi mata, api mulai terlihat dari atas lantai II Wisma tersebut. Api cepat membesar sebab sebagian besar bangunan terbuat dari kayu dan bahan yang mudah terbakar. Selain itu mobil pemadam yang dikerahkan ke lokasi kejadian tidak bisa berbuat maksimal karena ketersediaan air di tangki sangat minim. Bantuan juga datang dari Polres Sumbawa yang mengerahkan mobil water canon berkapasitas 5000 liter. Kapolres Sumbawa AKBP Yusuf Sutejo SIK MT langsung memimpin pasukannya. Karena angin bertiup cukup kencang, membuat api semakin berkobar hebat, seluruh bangunan tuntas menjadi arang. Warga yang menyemut menyaksikan detik demi detik api melahap dari atas hingga bawah bangunan peninggalan bersejarah itu. Tidak sedikit yang meneteskan air mata. Tampak di antara warga ini Wakil Bupati Drs. H. Mahmud Abdullah, Sekda Drs. H. Rasyidi, dan para pejabat lainnya.

amdal

Lalu Sukriman, sopir bus yang tinggal di komplek Wisma kepada SAMAWAREA menyebutkan api itu terlihat sekitar pukul 09.45 Wita. Saat itu dia tengah membersihkan bus di samping Wisma Praja. Dia kaget melihat api berkobar dari pojok atas sebelah timur. Dengan panik dia menemui teman-temannya yang kemudian menghubungi petugas pemadam kebakaran. Sebelum mobil pemadam tiba, ia dan teman-temannya telah berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Tapi angin kencang membuat api semakin besar.

Baca Juga  Koster-Ace Hadiri Doa Bersama Pilkada Damai

Sementara informasi lain, kebakaran diduga arus pendek. Sebab saat itu tidak ada aktivitas masak memasak. Sesaat sebelum kebakaran, sempat terjadi padam nyala sebanyak dua kali dengan durasi yang singkat. (JEN/SR)

 

iklan bapenda