Waspada !!! Penipuan Jual Beli Online Mulai Marak

oleh -8 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (08/07/2017)

Masyarakat kini harus lebih waspada dengan transaksi jual beli online melalui media social. Sebab para pelaku penipuan memanfaatkan media tersebut untuk mencari mangsa. Kemarin, jajaran Polres Sumbawa menerima dua laporan kasus penipuan tersebut. Adalah Sirajuddin warga asal Desa Gapit Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa yang mengaku tertipu saat membeli HP via online facebook (FB). Bermula ketika korban memesan sebuah HP Xiaomy seharga Rp 1,4 juta kepada Facebooker dengan akun bernama Sulaiman. Korban menstransfer uang secara bertahap masing-masing Rp 700 ribu melalui Agen BRIlink. Namun HP yang dipesan ini tak kunjung tiba. Saat korban kembali menghubungi akun tersebut, sudah tidak aktif.

Nasib serupa dialami Haeria warga Desa Luk Kecamatan Rhee. Dia kenal dengan pelaku melalui BBM (Blackberry Mesenger). Dari perkenalan itu berlanjut ke kontak telpon. Saat itu korban tertarik dengan sepeda motor Ninja Kawasaki yang dijual pelaku bernama Ade Karang via online. Sepeda motor itu dibandrol seharga Rp 22,4 juta sudah termasuk biaya balik nama. Setelah keduanya sepakat, korban mulai mengirim uang ke rekening BRI atas nama Zepri Pradaut sebesar Rp 2,4 juta sebagai DP pembayaran sepeda motor. Keesokan harinya korban kembali menstransfer uang Rp 3 juta sebagai pembayaran biaya balik nama. Pengiriman masih berlanjut. Korban menstransfer uang ke rekening yang sama sebesar Rp 14 juta sebagai uang jaminan sepeda motor. Terakhir, korban mengirim uang pelunasan Rp 3 juta. Namun sampai saat ini sepeda motor yang dibeli tidak kunjung datang. Akibatnya korban mengalami kerugian Rp 22,4 juta.

Baca Juga  Siswa SD Pelaku Pencabulan Tidak Bisa Dipidana

Kedua kasus penipuan ini telah dilaporkan ke Polres Sumbawa tercatat dengan nomor LP/516/VII/2017/SPKT.Polres Sumbawa. Kini laporannya sudah ditangani penyidik Reserse dan Kriminal (Reskrim). (JEN/SR)

 

iklan bapenda