Kapolda NTB: Jadikan Teroris Musuh Bersama  

oleh -0 views
Kapolda NTB, Brigjend. Pol. Firli M.Si
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (02/07/2017)

Kapolda NTB, Brigjend. Pol. Firli M.Si menegaskan bahwa teroris adalah musuh bersama. Sebab ancaman teror tersebut tidak hanya ditujukan kepada anggota Polri seperti kejadian selama ini, sasarannya bisa siapapun. “Yang namanya kelompok teroris itu siapapun bisa diancam. Tergantung anggapan dan persepsi mereka pihak mana yang menghalangi kegiatan mereka itulah yang menjadi sasarannya,” kata Kapolda kepada SAMAWAREA saat berkunjung di Kabupaten Sumbawa, Minggu (2/7) pagi tadi.

Jika sekarang kelompok teroris menganggap Polri adalah penegak hukum yang bertindak menghalangi aktivitas mereka, cenderung anggota Polri yang dijadikan sasaran. Namun jika seandainya UU Teroris telah direvisi yang di dalamnya melibatkan TNI dalam menangani teroris, maka TNI akan menjadi sasarannya. “Bisa juga guru, tuan guru, alim ulama dan lain-lain. Jadi teroris ini musuh kita bersama, ini yang harus kita waspadai,” ujar Kapolda didampingi Kapolres Sumbawa, AKBP Yusuf Sutejo SIK MT.

Untuk menangani terorisme, ungkap Kapolda, bisa dilakukan melalui dua pendekatan. Pertama, pendekatan lembut dengan memanfaatkan seluruh stakeholder, dan elemen masyarakat. Contohnya seketika mengetahui mengapa orang tersebut menjadi teroris karena lapangan pekerjaannya terbatas, maka Dinas Tenaga Kerja harus membuat dan membuka lapangan kerja dimaksud. Jika orang menjadi teroris karena kemiskinan, pemda harus meningkatkan taraf hidup mereka agar tidak miskin. Demikian apabila menjadi teroris karena ideologi tentu tugas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) bagaimana bisa mensosialisasikan dan mereview kembali bahwa kesepakatan ideologi bangsa ini adalah Pancasila, konstitusi UUD 1945, dan negara adalah NKRI. “Kita diikat dengan keberagaman yang kita kenal dengan Bhinneka Tunggal Ika. Jadi kalau ada pihak tertentu yang keluar dari empat kesepakatan nasional itu berarti dia memusuhi negara. Sudah saatnya negara yang harus bertindak tegas,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

Baca Juga  Dekatkan Diri Dengan Masyarakat, Keluarga Besar TGB Gelar Open House

 

iklan bapenda