Lagi, Kebakaran di Plampang Hanguskan Rumah Panggung

oleh -13 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (01/07/2017)

Musibah kebakaran kembali terjadi di wilayah Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa. Kali ini di lingkungan padat penduduk RT 01 RW 04  Dusun Karya Mulia, Desa Plampang. Sebuah rumah panggung milik Syamsuddin HA dilalap si jago merah, Sabtu (1/7) tadi sekitar pukul 10.00 Wita. Kobaran api yang membesar ini membuat warga setempat kalang kabut. Selain berusaha memadamkan api agar tidak merambat ke rumah penduduk lainnya, juga menyelamatkan harta bendanya.

Informasi yang dihimpun wartawan SAMAWAREA Biro Sumbawa Timur, kebakaran yang menghanguskan rumah panggung berukuran 6×12 meter ini diduga akibat arus pendek. Bermula ketika pemilik rumah, Syamsuddin HA sedang tambal ban sepeda motornya di depan rumah. Sedangkan isterinya ke pasar untuk berbelanja. Tanpa diduga api berkobar di dalam rumah dan kian lama semakin membesar. Korban yang sadar berusaha masuk ke rumah untuk mengevakuasi harta bendanya. Namun sayang api menghalaunya, membuatnya tak bisa berbuat banyak kecuali bersikap pasrah. Setelah menghanguskan rumahnya, api merambat ke rumah saudaranya, Suharto HA. Api hanya membakar atap dan sebagian dinding. Meski dengan air seadanya, warga yang dibantu aparat Polsek Plampang berhasil melokalisir dan memadamkan api.

Kepala Desa Plampang, Jufrianto yang ditemui di TKP, mengaku sangat prihatin dengan musibah yang menimpa warganya. Sebab rumah beserta isinya habis dilalap api. Di antaranya uang tunai Rp 23,3 juta, 7 buah lemari, 2 stel kursi sofa, mesin cuci, 2 unuit televisi, 10 gram emas, mesin semprot, 20 karung gabah dan sertifikat tanah, dengan total kerugian mencapai Rp 200 juta. Yang bisa diselamatkan hanya baju yang melekat di badan. Karenanya Ia menggugah warga lainnya untuk dapat mengulurkan tangan membantu meringankan beban korban. Terhadap musibah ini, Jufrianto mengaku sudah bersurat ke Bupati Sumbawa melalui Camat Plampang berharap ada bantuan dari pemerintah.

Baca Juga  Pantai Wisata Lepu Milik Plampang ?

Pantauan SAMAWAREA, lokasi kebakaran sudah dipasang policeline oleh pihak Polsek Plampang guna dilakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab kebakaran. (JEN/SR)

 

iklan bapenda