HUT Bhayangkara Upaya Polri Meraih Kepercayaan Masyarakat

oleh -3 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (01/07/2017)

Kapolres Sumbawa, AKBP Yusuf Sutejo SIK MT mengharapkan seluruh anggotanya terus meningkatkan peran dan pengabdiannya dalam melindungi dan mengayomi masyarakat, bangsa dan negara. Harapan ini disampaikan Kapolres saat menjadi Inspektur Upacara HUT Bhayangkara ke-71 di halaman apel Polres Sumbawa, Sabtu (1/7) pagi tadi. Bertindak sebagai Perwira Upacara Kasat Sabhara, IPTU Mathias AL dan Komandan Upacara Kanit Patroli Sat Lantas IPDA Ruslan serta diikuti seluruh anggota Polres Sumbawa dan Brimob Subden II Den A Sumbawa. Upacara HUT bertemakan “Dengan Semangat Professional dan Modernisasi Polri Berkomitmen untuk Meraih Kepercayaan Masyarakat Demi Tetap Tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Sejahtera Mandiri dan Berkeadilan” ini berlangsung khidmat.

Menurut Kapolres, sejak berdiri pada 1 Juli 1946, seluruh jajaran Polri tidak pernah absen dalam mengabdi kepada bangsa dan tanah air Indonesia. Hal ini dibuktikan banyaknya prestasi yang telah diukir oleh para anggota kepolisian sebagai penegak hukum, pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. “Meskipun dihadapkan pada berbagai keterbatasan saudara tetap menunjukkan dedikasi, loyalitas, dan integritas yang tinggi, sehingga dapat mewujudkan situasi Kamtibmas yang tetap kondusif dalam rangka mendukung pembangunan nasional,” ujar Kapolres.

Berbagai pengalaman selama perjalanan 71 tahun Polri berdiri, telah mematangkan karakter pengabdian untuk menjadikan Polri lebih cerdas dan tegas dalam mengemban tugas memelihara keamanan dalam negeri. Patut disyukuri beberapa prestasi dan pencapaian kinerja Polri mendapat apresiasi dari pemerintah, masyarakat bahkan dunia internasional. Beberapa kasus menonjol dan meresahkan telah berhasil diungkap seperti kasus terorisme, narkoba, ilegal logging, ilegal mining, premanisme maupun berbagai event pengamanan agenda berskala nasional, regional maupun internasional. Namun perlu disadari di samping keberhasilan masih terdapat kelemahan dan kekurangan yang harus segera diperbaiki terutama dalam upaya membangun kepercayaan public. Saat ini polisi masih dinilai belum mampu memberikan pelayanan secara optimal.

Baca Juga  Diduga Pengungsi Keracunan Massal, Kapolres Minta Maaf

Di bagian lain sambutannya, Kapolres mengingatkan bahwa kejahatan terus berkembang sesuai kemajuan zaman. Karenanya penguasaan teknologi pada tiap anggota Polri juga harus dikembangkan. Hal ini bukan tanpa alasan karena penegak hukum layaknya Polri harus menghadapi kenyataan bahwa ragam dan kualitas kejahatan akan semakin meningkat seiring zaman yang kian modern. Sehingga, Polri harus mampu meningkatkan pelayanan dan perlindungan dari setiap anggotanya dimana pun berada.

Diingatkan juga, anggota yang melaksanakan tugas harus sesuai SOP dan tetap waspada untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan apalagi saat ini tindakan terorisme selalu mengincar anggota Polri. Selain itu ungkap Kapolres, pada aspek pembinaan masih ditemukan oknum anggota yang melakukan pelanggaran disiplin, kode etik maupun tindak pidana, sehingga menciderai nama baik dan menurunkan citra institusi. Realitas ini menunjukkan bahwa Polri harus terus melakukan pembenahan di segenap aspek organisasi untuk menghasilkan kualitas kinerja yang lebih baik di masa mendatang. “Semua kesuksesan dan capaian Polri dalam melaksanakan tugas tidak terlepas dari bantuan dan dukungan masyarakat serta seluruh stakeholders. Dan menjaga keamanan dan ketentraman tanah air membutuhkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat. Semoga segala kerusuhan, terorisme dan konflik tidak akan pernah terjadi lagi,” demikian Kapolres. (JEN/SR)

 

iklan bapenda