Siap Berkonstribusi, Mantan TKI Korea Asal Sumbawa Bentuk KCS

oleh -9 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (29/06/2017)

Mantan TKI Korea asal Sumbawa menggelar pertemuan di Pantai Baru Sumbawa, Rabu (28/6) kemarin. Pertemuan yang dihadiri sekitar 50 orang tersebut bersepakat untuk membentuk komunitas yang diberi nama “Korean Community Samawa” atau disingkat KCS. Boris Syaifullah selaku penggagas dinobatkan sebagai ketua terpilih KCS. Boris merupakan eks TKI Korea yang sukses menjadi pengusaha ternama tanah air. Selepas dari Korea, Boris berhasil mendirikan PT. Borsya Cipta Communica (BCC) yang kini menjadi perusahaan distributor terbesar nasional dalam tahun ini dan melampaui target maksimum pengadaan Material Fiber Optic khususnya Dropwire Cable. Tidak mengherankan jika putra kelahiran Kecamatan Lape ini mendapat penghargaan dari Global Optical Communication (GOC CO.,LTD) Korea atas konsistensinya tersebut.

Ketua KCS terpilih, Boris Syaifullah dalam pertemuan itu menyatakan bahwa keberadaan komunitas ini diharapkan dapat memberikan konstribusi baik kepada personal Tau Samawa atau Sumbawa sebagai sebuah daerah. Konstribusi dimaksud adalah bagaimana setiap TKI asal Sumbawa yang pulang dapat memberikan konstribusi lebih terhadap daerah, minimal tidak kembali lagi ke tanah rantauan melainkan mampu memberi daya ungkit terhadap diri sendiri dan orang lain dengan cara berwirausaha.

Menurut CEO BCC yang berkantor pusat di Bandung ini, permasalahan dari setiap TKI asal Indonesia pada umumnya dan Sumbawa khususnya adalah mereka tidak mau dan atau tidak mampu untuk berbaur dengan komunitas lain di luar daerah sendiri di tanah rantauan. “Kesempatan dan peluang yang bisa dipelajari di tanah rantauan itu sangat banyak. Sehingga, kita sebagai tenaga kerja di sana harus berusaha mengambil kesempatan tersebut dengan mempelajari setiap budaya dan bahasa, serta membangun kepercayaan dan networking yang positif di negara (Korea) itu. Ketika kembali lagi ke daerah asal (Sumbawa), setiap TKI dapat memanfaatkan hubungan baik yang sudah terjalin ini untuk kemudian melakukan gebrakan yang produktif dan memberikan impact positif bagi daerah,” ujarnya, seraya berharap dengan keberadaan KCS ini para eks TKI Korea memiliki wadah dalam berkiprah dan memberikan konstribusi positif bagi pembangunan daerah dan masyarakat di Kabupaten Sumbawa. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Sukseskan BBGRM, Tiga Dusun di Desa Usar Plampang Gelar Gotong Royong