Polres KSB Bekuk 2 Pengedar Uang Palsu

oleh -6 views
Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan bersama jajaran menunjukkan barang bukti uang palsu dalam jumpa persnya, Selasa (20/6)
bankntb

SUMBAWA BARAT, SR (20/06/2017)

Polres Sumbawa Barat berhasil membekuk dua pengedar uang palsu. Kedua pelaku berinisial PD dan ZA ini ditangkap di kediamannya, wilayah Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur, kemarin. Dari tangannya polisi menyita pecahan 100 ribu dan 50 ribu uang palsu dengan total mencapai Rp 51 juta.

Kapolres KSB, AKBP Andy Hermawan dalam jumpa persnya, Selasa (20/6) mengatakan, modus yang dilakukan kedua pelaku dalam mengedarkan uang palsu dengan cara melakukan transaksi jual beli emas di pusat perbelanjaan wilayah Maluk. Untuk menyamarkannya, setiap Rp 1 juta diselipkan uang palsu. Terungkapnya uang palsu ini, setelah korban pergi menabung. Pihak bank menolak uang tersebut. Karena itu korban lapor polisi yang ditindaklanjuti dengan melakukan investigasi. Selain di Maluk, polisi juga menerima laporan dari warga Kecamatan Taliwang yang juga menjadi korban uang palsu. Modusnya sama, pelaku membeli emas dan menyelipkan uang palsu dalam setiap pecahan satu juta. Dalam penyelidikan polisi mengidentifikasi identitas pelaku dan mengetahui keberadaannya. Kedua pelaku pun diringkus di rumahnya. Akibat perbuatannya, kedua pelaku dijerat pasal 36 ayat 2 UU RI No. 7 Tahun 2011 dengan ancaman hukuman minimal 10 tahun penjara.

Kapolres menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam melakukan transaksi. Masyarakat harus teliti dengan memastikan uang itu palsu atau tidak menggunakan cara sederhana yaitu 3D (Diraba, Dilihat, Diterawang). “Jika mendapati hal yang mencurigakan, segera lapor polisi,” pungkasnya. (HEN/SR)

 

Baca Juga  Bed Pasien Diduduki Polisi, RSUD Minta Ganti Rugi 250 Juta ?

iklan bapenda