Penyerapan Anggaran Menunjukkan Trend Positif

oleh -3 views
Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, M. Lutfi Makki S.Pd M.Si
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (17/06/2017)

Realisasi penyerapan anggaran APBD Kabupaten Sumbawa 2017 menunjukkan trend positif dari sekitar 23 persen pada Bulan Mei menjadi 26,62 persen pada pertengahan Juni 2017. Namun demikian pencapaian ini masih jauh dari target yang direncanakan sebesar 48 persen pada 31 Juni mendatang. Hal ini diungkapkan Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, M. Lutfi Makki S.Pd M.Si melalui siaran pernya yang diterima SAMAWAREA, Sabtu (17/6) hari ini.

amdal

Setelah dilakukan evaluasi pada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ungkap Lutfi—sapaan akrab pejabat ramah ini, diketahui bahwa penyebab utama rendahnya penyerapan anggaran adalah akibat terlambatnya turun regulasi yang dibutuhkan. Kendala ini juga dialami oleh daerah-daerah lain di NTB bahkan secara nasional. Karena regulasi tentang penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Desa (DD) baru turun akhir Bulan April dan disosialisaikan pada awal Mei. Bahkan dalam beberapa program DAK masih menunggu petunjuk teknis dan petunjuk operasional yang terus berubah setiap tahunnya. Meski demikian Bupati dan Wakil Bupati bersama seluruh unsur pimpinan daerah terus menggenjot kinerja aparat pemerintah agar realisasi penyerapan anggaran bisa terwujud tepat waktu dan memberi konstribusi positif bagi keberlangsungan semua sektor pembangunan. “Jajaran pemerintah ingin menjawab setiap permasalahan yang muncul dengan kerja, kerja, dan kerja,” tegasnya.

Terkait sorotan dan kritik dari beberapa kalangan, pemerintah memberikan apresiasi yang mendalam. Namun demikian tetap mengharapkan agar setiap kritik yang disampaikan bersifat konstruktif, proporsional dan wajar sesuai dengan tata krama dan norma-norma yang luhur. “Dengan kritikan seperti ini akan bisa menjadi spirit untuk maju, spirit kebersamaan, tidak menjadi polemik yang meluas dan menghabiskan energi begitu saja,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

Baca Juga  Soal Pusat Perbelanjaan, Pemprov NTB Tegas, Sumbawa Melunak

 

iklan bapenda