Ditargetkan 2018 Kodim di KSB Sudah Ditempati

oleh -11 views
Endang Ariyanto S.Sos, Kabag Pemerintahan Sekda KSB
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN PEMDA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (15/06/2017)

amdal

Selama 13 tahun berdirinya Kabupaten Sumbawa Barat hasil pemekaran dari kabupaten induk Kabupaten Sumbawa, belum ada Komando Distrik Militer (Kodim) sebagaimana seharusnya wilayah tingkat II atau kabupaten/kota. Namun pada kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati KSB, Dr. Ir. H.W. Musyafirin MM—Fud Syaifuddin ST, harapan tersebut mulai terwujud. Setelah pengadaan lahan tuntas, pembangunan Kodim mulai berlangsung. Ditargetkan pada Tahun 2018, Kodim yang membawahi Komando Rayon Militer (Koramil) ini sudah berdiri dan siap ditempati.

Ditemui SAMAWAREA, Rabu (14/6), Kepala Bagian Pemerintahan Setda KSB, Endang Arianto S.Sos M.Si mengakui target berdirinya Kodim di KSB pada Tahun 2018. Sebab pemerintah daerah merasa keberadaan Kodim sangat penting untuk memperkuat keamanan suatu wilayah.

Untuk progressnya saat ini, ungkap Endang, tim survei lokasi dari pihak Mabes TNI terkait lokasi pembangunan sudah meninjau lokasi yang disediakan Pemda. Lokasi yang disediakan ada dua yaitu lahan di Bertong jalan lintas Maluk-Sekongkang dan di Serangin Kelurahan Bugis jalan menuju Pantai Balad yang memang lokasinya rawan pencurian ternak. Dari hasil survey ini tim Mabes TNI menyetujui lahan di Serangin karena pengembangan lahan lebih memungkinkan. Untuk luas lahan di wilayah ini mencapai 7,5 Ha. Untuk tahap awal disediakan 5 Ha dan sudah usulkan di APBDP senilai Rp 10 Milyar. “Meski kita usulkan 10 milyar tentu dalam pembayaran kita berdasarkan hasil dari penilaian Apraisal yang sedang berjalan berapa harga yang layak dibayar Pemda kepada pemilik tanah, sedangkan untuk sisa lahannya akan diusulkan di APBD murni 2018,” jelasnya.

Baca Juga  Haddad Alwi Ramaikan Peringatan Tahun Baru Islam di Kabupaten Sumbawa

Selain menyediakan lahan, Pemda KSB juga siap membangun gedung utama Kodim. Hal ini hasil kesepakatan antara Pemda KSB dengan tim survei dari Mabes TNI. Desain pembangunan sudah ada standar baku bangunan utama Kodim sehingga tinggal dilaksanakan. “Dari kesepakatan ini ditargetkan di Tahun 2018, Kodim KSB sudah siap ditempati,” imbuhnya.

Ditemui terpisah, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum KSB, Amar mengatakan untuk pembangunan gedung Kodim sudah diusulkan anggaran melalui APBDP senilai Rp 6 Milyar. Karena sesuai dengan desain gambar bangunan utama Kodim yang baku se Indonesia. “Rinciannya sudah ada tinggal dilaksanakan saja,” pungkasnya. (HEN/SR)

iklan bapenda