Hari Donor Darah, PMI Sumbawa Gelar Konvoi dan Bagi Takjil

oleh -1 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (14/06/2017)

Peringatan Hari Donor Darah se-Dunia di Kabupaten Sumbawa berlangsung semarak. Bekerjasama dengan sejumlah club motor, komunitas pendonor, dan bidan, Palang Merah Indonesia (PMI) setempat menggelar konvoi keliling kota, Rabu (14/6) sore. Di sepanjang jalan yang dilalui mereka berkampanye dan berorasi untuk menggugah masyarakat menjadi pendonor aktif untuk kemanusiaan. Konvoi ini diakhiri dengan pembagian riflet dan takjil berbuka puasa kepada para pengguna jalan. Ikut dalam kegiatan tersebut di antaranya Direktur Unit Doroh Darah (UDD) PMI Sumbawa, dr. Hj. Nieta, Andi Rusni SE—anggota DPRD Sumbawa yang juga pengurus PMI, dan Ketua Satgas PMI, Iskandar Dinata.

amdal

Ditemui di sela-sela kegiatan, dr. Hj. Nieta menjelaskan, konvoi, kampanye donor darah dan pembagian takjil dalam memeriahkan peringatan Hari Donor Darah se-Dunia sebagai bentuk apresiasi PMI terhadap para pendonor yang merupakan pahlawan kemanusiaan. Sesuai Tema untuk tahun ini “Apa yang Bisa Anda Lakukan, Sumbangkan Darah Anda, Lakukan Sekarang dan Secara Teratur” pihaknya berupaya mencari sebanyak-banyaknya pendonor potensial yang berisiko rendah. Yaitu pendonor yang berusia 17 tahun atau pendonor pemula karena dinilai belum terjangkit penyakit. Hal ini terinspirasi dari beberapa siswa yang merayakan kelulusannya dengan datang ke PMI untuk mendonorkan darahnya, di tengah rekan-rekannya yang konvoi dan corat-coret baju. Karena itu pihaknya akan menjalin kerjasama dengan pihak sekolah agar dapat mengarahkan perayaan kelulusan mendatang dengan menggelar aksi donor darah.

Baca Juga  PT AMNT Serahkan Bantuan APD, Vitamin dan Disinfektan untuk Sumbawa
Direktur Unit Doroh Darah (UDD) PMI Sumbawa, dr. Hj. Nieta Ariyani

Selain menggelar konvoi dan pembagian takjil, lanjut dr. Nieta, PMI akan mengintensifkan sosialisasi dan akan terus berlangsung hingga pelaksanaan Malam Anugerah pada puncak peringatan Hari PMI, 17 September mendatang. Sebab masyarakat yang mendonorkan darahnya dari rentang waktu 14 Juni hingga 17 September akan mendapatkan kupon yang akan diundi pada malam anugerah tersebut. Dengan kupon tersebut, mereka berkesempatan meraih doorprize berupa sepeda, kulkas, HP, televisi, kipas angin dan lainnya. Pada malam itu juga diberikan penghargaan kepada pendonor kategori 10, 25, 50 dan 100. “Semoga melalui kegiatan ini, masyarakat tergugah untuk menjadi pendonor aktif karena manfaatnya sangat besar, tidak hanya untuk orang lain tapi juga dirinya sendiri terutama yang berkaitan dengan kesehatan. Sebab setiap dua bulan mereka dapat mengetahui berapa HB, tekanan darah dan deteksi beragam penyakit infeksi,” demikian dr. Nieta. (JEN/SR)

SERBA-SERBI PERINGATAN HARI DONOR DARAH SE-DUNIA DI KABUPATEN SUMBAWA

iklan bapenda