AMNT Didesak Bangun Smelter dan Dermaga Teluk Santong

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (14/06/2017)

Sosialisasi rencana pengeboran eksplorasi Blok Elang oleh PT Amman Nusa Tenggara (PT AMNT) di Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (14/6) dimanfaatkan Wakil Bupati, Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan harapan besar masyarakat Sumbawa.

amdal

Wabup meminta PT AMNT untuk membangun smelter di Kabupaten Sumbawa. sebab dengan berlangsungnya kegiatan PT AMNT di Blok Elang, Sumbawa akan menjadi daerah penghasil. Dengan keberadaan Smelter akan memberikan dampak signifikan bagi pengentasan permasalahan daerah terutama pengangguran. Hal ini mengingat pembangunan pabrik pengolahan hasil tambang itu akan menyerap banyak tenaga kerja. Selain smelter, Wabup juga menagih janji lama saat PTNNT belum diakuisisi. Sebab ketika itu Pemda Sumbawa dan manajemen PTNNT telah sepakat untuk merealisasikan pembangunan dermaga Teluk Santong. “Saya kira komitmen ini masih tetap ada, karena perusahaan ini hanya ganti baju dari PTNNT ke PT AMNT, sedangkan orang-orangnya masih tetap sama,” ucap Wabup.

Terkait dengan sosialisasi kelanjutan eksplorasi PT AMNT, Wabup menyampaikan apresiasi dan terima kasih. Tentunya kegiatan ini merupakan ikhtiar bersama dalam rangka memberikan pemahaman yang utuh dan komprehensif kepada masyarakat tentang pelaksanaan kelanjutan program eksplorasi Blok-Elang oleh PT. AMNT.

Sejauh ini PT AMNT telah diberikan kesempatan oleh pemerintah untuk melakukan pengelolaan mineral di Kabupaten Sumbawa secara lebih optimal dengan telah diberikannya izin operasi produksi. Sebagaimana telah diatur dalam UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa izin pertambangan kabupaten sejak tahun 2014 telah menjadi domain pemerintah provinsi. Namun demikian Ia berharap agar keberadaan PT. AMNT dapat memberi manfaat ekonomi dan sosial yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat Tana’ Samawa. PT. AMNT juga diharapkan berkontribusi dalam mempercepat pengembangan wilayah, mendorong kegiatan ekonomi masyarakat/pengusaha kecil dan menengah serta mendorong tumbuhnya industri penunjang pertambangan, baik di wilayah sekitar tambang maupun bagi masyarakat Kabupaten Sumbawa secara keseluruhan. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah tetap memperhatikan masalah lingkungan agar pengelolaannya ditangani dan dikelola secara bijaksana, nyata dan bertanggung jawab.

Baca Juga  Soal Pikada, Paranormal Dianggap Miliki Peran Strategis

Pihaknya tidak ingin terjadi masalah yang dapat merugikan iklim investasi di Tana Samawa. Karena itu, pemerintah daerah akan mendukung penuh kegiatan sosialisasi ini sehingga terwujud hubungan saling menguntungkan antar masing-masing pihak.

Untuk itu Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa agar senantiasa memelihara dan mempertahankan kondusifitas daerah. Sebab selain dapat menjamin kelangsungan pembangunan, kondusifitas daerah juga menjadi garansi bagi kenyamanan investasi. “Sudah menjadi komitmen pemerintah daerah untuk terbuka menerima para investor termasuk para pelaku usaha tambang, sebab diakui atau tidak, keberadaan investasi dapat memberikan multiplayer effect bagi kesejahteraan dan pembangunan di Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya. (JEN/SR)

iklan bapenda