Sumbawa Produksi Jagung 1 Juta Ton Per tahun

oleh -2 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (12/06/2017)

Kabupaten Sumbawa akan mencanangkan produksi 1 juta ton jagung per tahun. Realisasi ini akan diupayakan mulai Tahun 2018 mendatang. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah saat acara buka puasa bersama wartawan yang digelar Bagian Humas dan Protokol Setda Sumbawa, Minggu (11/6) kemarin.

amdal

Keberadaan jagung ini nantinya lanjut Wabup, akan diintegrasikan dengan peternakan. Limbah jagung mulai dari daun, batang dan bongkolnya akan disulap menjadi pakan ternak. Sebab petani jagung juga merupakan peternak, sehingga ada nilai tambah dari hasil panennya. Program ini diakui Haji Mo’—akrab Wabup disapa, telah dipaparkan oleh Tim Roadshow Investasi Sumbawa di Jakarta belum lama ini. Dalam roadshow itu tidak hanya pertanian dan peternakan namun juga potensi lainnya diinformasikan dan dipromosikan. Upaya ini mendapat sambutan luar biasa dari para investor yang hadir. Mereka pun tertarik untuk berinvestasi sesuai dengan bidang dan potensi yang ada. “Khusus jagung dan pakan ternak ini sangat diminati oleh investor. Mereka berencana akan berinvestasi untuk mendukung peningkatan produksi jagung dan pengembangan pakan ternak,” ungkap Haji Mo’.

Selain promosi potensi, dalam kesempatan Roadshow itu, Pemda Sumbawa melakukan penandatanganan kerjasama dengan Kimia Farma. Ia berharap akan ada MoU lainnya dalam rangka peningkatan pembangunan Sumbawa di segala bidang.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTS), H. Syahril M.Pd, menjelaskan bahwa Roadshow Investasi tersebut bertujuan sebagai media promosi potensi dan peluang investasi di berbagai sektor dengan cara mempresentasikan langsung kepada para investor. Selain itu mendorong dan merangsang masuknya investasi sekaligus pengembangan sektor peningkatan volume pedagangan produk-produk unggulan daerah. Tujuan lainnya, menawarkan berbagai jenis investasi yang bisa dikerjasamakan dengan investor melalui skema kerjasama pemerintah dan swasta. “Inilah yang menjadi tujuan pokok dilaksanakan Roadshow ini. Dan alhamdulillah apa yang disampaikan Bapak Wakil Bupati di Jakarta mendapat apresiasi dari sejumlah investor nasional,” imbuhnya.

Baca Juga  TKSK Utan Mengundurkan Diri, Disos Cari Pengganti

Buka puasa bersama ini dihadiri wartawan media cetak, elektronik dan online yang tergabung dalam PWI Cabang Sumbawa. Selain Wakil Bupati, Kepala DPM-PTS dan Kabag Humas dan Protokol, kegiatan ini juga dihadiri Kadis Peternakan Ir. Talifuddin M.Si, Kadis Porabudpar Ir. H. Junaidi M.Si, dan Kadis Perikanan Ir H Dirmawan. (JEN/SR)

iklan bapenda