Datu Seran Express Siap Beroperasi, Layani Pantai Goa–Senggigi

oleh -10 views
Presiden Direktur Datu Seran Express, A Hadi Putra Datualang dan Kadishub Sumbawa, Ir Mukmin M.Si
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (12/06/2017)

Khabar gembira bagi masyarakat Sumbawa. Untuk ke Lombok tidak harus menggunakan bus travel atau pesawat, tapi cukup melalui jalur laut dalam waktu yang singkat. Pasalnya dalam waktu dekat ini, Datu Seran Express akan beroperasi di Sumbawa. Kapal cepat ini akan melayani keberangkatan Sumbawa—Lombok pulang pergi. Kapal tersebut akan start dari Pantai Goa Kecamatan Badas Sumbawa menuju Senggigi, Lombok Barat. “Dalam waktu dekat kami akan melaunching kapal cepat ini,” kata Presiden Direktur Datu Seran Express, A Hadi Putra Datualang di Kantor Bupati Sumbawa, Senin (12/6).

Keberadaan kapal ini ungkap Hadi, menjadi salah satu penunjang transportasi serta alternative masyarakat untuk menempuh perjalanan dari Sumbawa—Lombok dan sebaliknya. Selain itu Datu Seran Express juga dapat digunakan untuk mengexplore keindahan laut Sumbawa beserta pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Ia mengakui melayani penumpang dengan rute dari Pantai Goa Kecamatan Badas menuju Senggigi. Dipilihnya Dermaga Goa untuk persinggahan kapal cepat ini, lantaran Pantai Goa menjadi salah satu tempat wisata Sumbawa. Dengan adanya pelayaran ini menambah antusiasme masyarakat untuk berwisata di lokasi tersebut dan juga lokasi lainnya yang akan disinggahi. Dengan jalur Goa—Senggigi para penumpang seperti diajak berwisata karena melalui pulau-pulau kecil termasuk Pulau Moyo.

Untuk memberikan pelayanan maksimal, pihaknya menyediakan dua unit armada dengan kapasitas berbeda. Datu Seran I menampung 200 seat, dan Datu Seran II lebih banyak mencapai 350 seat. Kapal ini memiliki kecepatan 30 knot dan bila dimaksimalkan dapat mencapai 32 knot. Artinya jarak Goa—Senggigi dapat ditempuh hanya dalam waktu tidak lebih dari 2 jam. “Kami sudah koordinasikan dengan Kadis Perhubungan untuk pelayarannya. Rencana awal Datu Seran melayani dua kali dalam seminggu. Nanti kalau penumpangnya sudah meningkat, jadwal pelayarannya akan kami naikkan,” tandasnya.

Baca Juga  Tinjau Korban Gempa Sumbawa, Mensos Gelontorkan Bantuan 89 Milyar

Bagaimana dengan tariff ? Hadi mengaku masih akan dievaluasi. Yang pasti tarifnya berada di antara tarif bus travel dan pesawat.

Sementara Kadis Perhubungan Sumbawa, Ir Mukmin M.Si mengatakan akan membahas tentang rute yang akan dilalui Kapal Cepat Datu Seran. Pembahasan ini merupakan tindaklanjut dari  pertemuan yang dilakukan Dinas Provinsi. Nantinya, dalam pertemuan dengan berbagai pihak ini, Dishub hanya sebatas merekomendasi daerah untuk persinggahan. (JEN/SR)

iklan bapenda