Republik Polandia Ingin Belajar di Sumbawa

oleh -3 views
Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (09/06/2017)

Kedutaan Besar Kedutaan Besar Republik Polandia khususnya Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi, kembali berkunjung ke Kabupaten Sumbawa. Mereka sangat berminat untuk belajar dan mengetahui lebih banyak tentang daerah ini sekaligus menjalin kerjasama di berbagai bidang. Kunjungan ini sebagai tindaklanjut dari kunjungan sebelumnya pada Tahun 2015 lalu. Saat itu Pemerintah Republik Polandia mengutus Tomasz Pietka yang menjabat sebagai Sekretaris Pertama Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Republik Polandia.

amdal

Rencana kedatangan pihak Kedubes ini diketahui dari surat yang diterima Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, Jumat (9/6) kemarin. Dalam surat itu seperti yang diungkapkan Haji Mo—sapaan Wabup, Kedubes Polandia ke Kabupaten Sumbawa untuk belajar dan mengetahui lebih banyak tentang daerah ini sekaligus mempromosikan kerjasama antara Kabupaten Sumbawa dengan Polandia dalam bidang perekonomian, perdagangan dan investasi, khususnya di sektor kesehatan, rumah sakit, pertambangan, pariwisata, perikanan, pelabuhan dan lainnya. Selain itu ingin mengenal lebih jauh potensi daerah ini.

Terhadap kunjungan tersebut, Haji Mo memanfaatkannya dengan baik, karena saat ini Kabupaten Sumbawa sedang giat mempromosikan potensi daerah, termasuk di bidang-bidang yang akan menjadi lingkup kerjasama dengan Republik Polandia. Ia tidak menampik keinginan Kedubes Polandia kembali datang ke Sumbawa karena Roadshow investasi Pemkab Sumbawa yang dilakukan di Jakarta belum lama ini. Sebab dalam kegiatan itu dihadiri sejumlah pengusaha bauik dalam dan luar negeri. “Kemungkinan informasi tentang potensi daerah kita menyebar sampai ke sejumlah negara termasuk Polandia. Sehingga mungkin ada korelasinya dengan itu. Apalagi bidang-bidang yang menjadi ketertarikan mereka dalam surat ini sama dengan promosi yang disampaikan dalam Roadshow Investasi,’’ imbuhnya.

Baca Juga  Gelar Muskab, PMI Sumbawa Siap Pilih Pengurus Baru

Untuk diketahui, Sumbawa mengalami kemajuan di berbagai bidang. Salah satunya Sumbawa menjadi daerah penyangga stok pangan nasional baik di bidang pertanian dan peternakan. Apalagi saat ini pihaknya sedang menggiatkan program integrasi tanaman jagung dengan ternak sapi. Limbah jagung akan dimanfaatkan sebagai pakan ternak sehingga petani mendapat nilai tambah dari tanaman jagung, dan dengan pakan tersebut akan menambah kualitas daging. (JEN/SR)

 

iklan bapenda