Tahun Ini, UNSA Terus Mengalami Kemajuan

oleh -1 views
Rektor UNSA, Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar M.Pd
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (07/06/2017)

Civitas akademika Universitas Samawa (UNSA) patut berbangga hati. Karena tahun ini kampus tertua di Pulau Sumbawa tersebut terus mengalami kemajuan. Berbagai prestasi dicapai, bukan hanya diraih mahasiswa dan dosennya tapi juga institusi. Di antaranya, bersaing dengan berbagai kampus besar di seluruh Indonesia, 6 kelompok mahasiswa UNSA sukses memenangkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2016. Realisasi dari prestasi itu akan didanai pada Tahun Anggaran 2017. PKM merupakan salah satu program hibah Dikti yang diperebutkan oleh mahasiswa seluruh universitas di Indonesia. PKM merupakan bagian dari program Dikti yang terintegrasi dengan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat lainnya. PKM diharapkan mampu meningkatkan iklim akademik yang kreatif, inovatif, solutif, dan mandiri, serta meningkatkan mutu peserta didik di perguruan tinggi.

amdal

Kemudian Dosen UNSA memperoleh hibah 13 penelitian dan pengabdian masyarakat melalui beberapa skim kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Ristek dan Perguruan Tinggi (Menristek Dikti) Tahun 2017. Tentu ini tidak terlepas dari potensi sumber daya tenaga pendidik yang dimiliki UNSA yang kualifikasinya tidak diragukan lagi. Bahkan ditargetkan Tahun 2020 mendatang sudah ada 40 dosen UNSA akan bergelar doktor. Selain itu, secara kelembagaan unit kerja yang membidangi kegiatan penelitian dan pengabdian di UNSA yaitu LPPM pada tahun lalu telah mampu menaikkan kluster bidang penelitian dari sebelumnya binaan menjadi madya. Selanjutnya akan diupayakan untuk ditingkatkan menuju tingkat Klaster Utama. “Alhamdulillah semua berpacu untuk mengarah kepada kemajuan prestasi. Semoga prestasi yang dicapai sekarang ini menjadi perkembangan kampus kita. Saya yakin, dengan nama besar UNSA, keberadaan kita sebagai universitas tertua dan alumninya cukup banyak dan tersebar di mana-mana, kedepan UNSA akan lebih maju lagi,” ungkap Rektor UNSA, Prof. Syaifuddin Iskandar didampingi Wakil Rektor (Warek) III, DR Budi Prasetyo S.Sos, MAp, usai kegiatan Buka Bersama di Kampus setempat, Selasa (6/6) kemarin.

Baca Juga  Resmi Dibuka, AUYS 2016 Ajang Menyambut MEA

Untuk institusi, Prof Ude—sapaan singkat akademisi ramah ini, sejauh ini 9 Program Studi (Prodi) sudah reakreditasi. Hasilnya 5 Prodi mendapat nilai B dari semula C. Ia meyakini 4 sisanya akan mendapatkan nilai yang sama. “Totalnya ada 16 Prodi di UNSA. 14 Prodi meraih nilai B, sedangkan 2 Prodi lainnya merupakan Prodi baru,” imbuhnya.

Dengan sudah terakreditasi B, lanjut Prof Ude, UNSA berpeluang besar menjalin kerjasama dengan kampus atau institusi lain di luar negeri sehingga memudahkannya untuk mendapatkan dana hibah senilai ratusan milyar rupiah. Apalagi great kampus ini sebagaimana hasil riset Kopertis VIII berada di urutan ketujuh dan nomor 2 di NTB setelah UNRAM. “Kami akan melakukan pengembangan dengan sistem parallel. Artinya pengembangan kapasitas dosen mulai dari kualifikasi pendidikan, kualifikasi penelitian, hingga kualifikasi pengabdian paralel dengan penciptaan penalaran mahasiswa, penciptaan minat bakat mahasiswa, dan penciptaan kesejahteraan mahasiswa,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

 

iklan bapenda