DKP Kuatkan Minat Masyarakat KSB Budidaya Ikan Air Tawar

oleh -12 views
Ahlul Afwan S.Pi--Kepala Seksi Produksi Usaha Budidaya DKP KSB
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (07/06/2017)

amdal

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat (DKP KSB) akan berupaya meningkatkan dan memperkuat minat masyarakat untuk budidaya ikan air tawar. Pasalnya belum ada masyarakat KSB yang serius untuk usaha tersebut. “Banyak yang kami layani masyarakat yang hanya untuk menyalurkan hobi yang kadang tidak berhasil dan kadang juga berhasil tapi untuk konsumsi pribadi sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar,” kata Ahlul Afwan S.Pi–Kepala Seksi Produksi Usaha Budidaya DKP setempat yang ditemui SAMAWAREA, Selasa (6/6) kemarin.

Dikatakan Afwan, selama ini kebutuhan ikan di Pasar Taliwang dipasok dari Lombok dan setiap harinya mencapai 300 kilogram. Jika masyarakat KSB serius untuk usaha ini, akan menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. “Satu-satunya cara, kita tingkatkan minat masyarakat untuk menggeluti bisnis ikan air tawar ini. Yang hobi kami bina sampai panen pertama dan mereka paham tatacara budidaya ikan air tawar yang baik. Setelah itu mereka melakukan budidaya secara mandiri,” ujarnya.

Terkait masalah pembinaan, Afwan mengakui pihaknya masih terkendala penyuluhan lintas sektor karena ditariknya kewenangan penyuluhan ke pusat. Ketika pusat menempatkan penyuluh satu atap dengan dinas terkait, maka persoalan ini cepat teratasi.

Disinggung lokasi potensi budidaya ikan air tawar, Afwan menyebutkan cukup banyak dan sangat menjanjikan. Yaitu, Kecamatan Brang Rea dan Brang Ene. Untuk Brang Rea di aliran Bendungan Kalimantong II sebelah kiri melewati Bakat Monte Moteng Desa Beru, Sapugara Bre Tepas dan Tepas Sepakat. Sedangkan di Brang Ene potensi airnya hampir sama dengan Brang Rea, alamnya juga mendukung sehingga wilayah Desa Kalimatong sangat bagus untuk pengembangan budidaya ikan air tawar. (HEN/SR)

 

Baca Juga  Pejabat, TNI dan Petani Gelar Gerakan Tanam Padi Serentak

 

iklan bapenda