RSUD Assyifa Menyediakan Pelayanan NICU yang Memadai

oleh -8 views
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN RSUD ASY-ASYIFA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (04/06/2017)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-syifa menyediakan pelayanan Neonatal Intensive Care Unit (NICU)  dengan kelengkapan alat yang memadai. NICU merupakan ruang rawat intensif di rumah sakit setempat yang difungsikan untuk merawat bayi baru lahir hingga berumur 30 hari yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus di bawah pemantauan tim dokter guna mencegah terjadinya kegagalan organ-organ vital pada bayi. Yang dirawat di ruang NICU adalah bayi dengan resiko tinggi, bayi yang kemungkinan besar menderita sakit bahkan sampai kematian. “Seperti bayi lahir dengan berat badan rendah, biasanya bayi lahir tidak cukup bulannya,” kata Kepala Bidang Humas RSUD Asy-syifa, Andy Suhaili S.ST Kepada SAMAWAREA, belum lama ini.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) RSUD As-Syifa, Andy Suhaili S.ST

Pasien bayi yang di ruang NICU RSUD Assyifa lanjutnya, terus dirawat secara maksimal mulai dari kelengkapan alat dan dokter itu sendiri yang selalu standby setiap saat. Demikian dengan perawat, satu perawat merawat satu bayi. Kondisi dan perkembangan bayi terus dipantau. “Sampai sekarang belum ada pasien NICU yang dirawat di RSUD Asy-syifa belum ada yang dirujuk. Itu membuktikan tingkat pelayanan NICU sudah sangat maksimal,” ujar Andy.

Untuk diketahui, peralatan medis untuk NICU sangat memadai. Ada lima alat yang beroperasi yakni C-PAP (Continous Positive Airway Presure) umtuk bayi prematur yang mengalami gangguan pernafasan akibat paru-paru tidak bisa mengembang secara sempurna. Kemudian Inkubator untuk mempertahankan kondisi lingkungan yang sesuai untuk bayi baru lahir khusus prematur atau bayi sakit. Ventilator Multifungsi untuk merawat bayi dengan gangguan  pernafasan berat. Inkubator Transport, alat untuk memindahkan bayi dari OKA ke NICU agar lebih aman, karena disesuaikan dengan suhu yang dibutuhkan bayi. Dengan alat ini selama perjalanan untuk pemindahan ini akan aman. Terakhir, TV Aty Resustator untuk  resusitasi pada bayi lahir rendah. Dengan alat ini, RSUD Asy-syifa sudah sangat mampu menangani pasien bayi kritis. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  TGB Buka Survey Akreditasi RSJ Mutiara Sukma NTB