Dijual Bebas, Polisi Sita 2.000 Kg Gula Industri  

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (05/06/2017)

Sebanyak 2.000 kilogram gula pasir yang dikemas dalam 40 karung diamankan jajaran Polres Sumbawa, Senin (5/6). Tindakan polisi ini diambil karena gula yang seharusnya untuk industri dijual bebas di pasaran. Gula rafinasi (industry) ini diamankan dari salah seorang pedagang di Pasar Brang Biji dan gudang distributornya.

Kasat Reskrim Polres Sumbawa, AKP Elyas Ericson SH SIK yang dikonfirmasi SAMAWAREA, siang tadi menuturkan, terungkapnya kasus ini ketika anggotanya melakukan pemantauan harga barang di sejumlah tempat guna mengantisipasi adanya penimbunan barang yang menyebabkan terjadinya kelangkaan menjelang Lebaran Idul Fitri. Informasi pun diperoleh bahwa ada penyaluran dan penjualan gula rafinasi dijual bebas kepada masyarakat umum. Padahal gula tersebut hanya untuk kebutuhan industry dan tidak diperkenankan untuk dijual di pasaran. Tim yang langsung dipimpin Kasat Reskrim meluncur ke lokasi dan mendapati puluhan karung gula tersebut di salah satu pedagang berinisial MH. Dari MH, polisi mendatangi distributor gula itu yang gudangnya berlokasi di Jalan Baru Kelurahan Uma Sima. Di gudang itu polisi menemukan belasan karung yang belum terjual dan selanjutnya dipasangi policeline. “Dari penjual kami mengamankan 22 karung, dari distributor 18 karung sehingga totalnya mencapai 40 karung,” sebutnya, seraya menyebutkan bahwa dalam pemeriksaan, MH mengaku membeli gula itu seharga Rp 600 ribu per karung (50 kilogram).

Baca Juga  Sempat Kabur dari Rumah Sakit, WNA Berstatus PDP Ditemukan Polsek Senggigi

Untuk pengembangan kasus ini pihaknya akan memanggil produsen dan distributor. Demikian dengan saksi ahli dari Dinas Koperindag juga dimintai keterangan guna memastikan dapat dan tidaknya penjual dan distributor dijerat hukum. Jika terbukti, penjual dan distributornya dapat dijerat pasal 62 jo pasal 8 ayat (1) huruf a dan j UU RI No. 8 tentang perlindungan konsumen. Selain itu melanggar pasal 106 dan/atau pasal 110 UU RI No. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan. (JEN/SR)

 

iklan bapenda